Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan /
waktu : Pertama / 2 x 35 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
A.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasikan
sifat-sifat operasi hitung
B.
Indikator
o
Melakukan operasi
hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran
o
Menentukan hasil perkalian dengan bilangan 0 dan 1
o
Menentukan hasil
pembagian dengan bilangan 0 dan 1
C.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat melakukan operasi perkalian dengan bilangan 0 dan 1
D.
Materi Pokok
Mengidentifikasi Sifat-Sifat Operasi
Hitung
E.
Media Belajar
o
Buku matematika M
Khafid Erlangga kelas IVA
F.
Metode
Pembelajaran : ceramah,
demontrasi dan pemberian tugas
G.
Langkah –
langkah pembelajaran
1.
Pendahuluan
o
Menyampaikan
Indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
2.
Kegiatan Inti
o
Memahami peta
konsep tentang sifat-sifat operasi hitung.
o
Memahami sifat
operasi komutatif
a + b = b +
a
3 + 5 = 5 +
3
8
= 8
o
Melakukan tugas 1
Hlm. 2
o
Melakukan tugas 2
Hlm. 3
o
Mengerjakan latihan
1 Hlm.3
o
Mengerjakan latihan
2 Hlm.3
o
Memahami sifat
operasi asosiatif
o
|
(55 menit)
|
3.
Penutup
o
Mengulang kembali sifat
operasi komutatif dan asosiatif
|
(10 menit)
|
4.
Pekerjaan Rumah
o
|
|
H. Penilaian :
Lisan dan tulisan
I. Produk siswa :
Mengetahui Banda
Aceh,
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajran
Drs. Aiyub Mubarik,
A.Ma
Nip. 196804141999051001 Nip.
198502012009011005
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas :
IV
Materi Pokok :
Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan /
waktu : Kedua
/ 2 x 35 menit
A.
Kompetensi Dasar
1.1
Mengidentifikasikan
sifat-sifat operasi hitung
B.
Indikator
o
Melakukan operasi
hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran
o
Menentukan hasil perkalian dengan bilangan 0 dan 1
o
Menentukan hasil
pembagian dengan bilangan 0 dan 1
C.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat melakukan operasi hitung dengan ifat pertukaran,
pengelompokan dan penyebaran.
D.
Materi Essensial
Mengidentifikasi Sifat-Sifat Operasi
Hitung
–lanjutan–
E.
Media Belajar
o
Buku matematika M
Khafid Erlangga kelas IVA
F.
Metode belajar : Ceramah,diskui dan Tanya jawab
G.
Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa
o
Mengumpulkan
pekerjaan rumah
o
Mengulang materi
pertemuan sebelumnya
|
(5 menit)
|
o
Menagih tugas
pertemuan sebelumnya
o
Melakukan tugas 3
dan mengerjakan latihan 3 Hlm.4
o
Memahami sifat
operasi distributif
o
Mengerjakan latihan
4 Hlm.5
o
Mempelajari contoh
soal dan latihan 5 Hlm.6
|
(60 menit)
|
o
Memberikan
kesempatan kepada satu orang siswa untuk menegerjakan soal
|
(5 menit)
|
o
|
|
H. Penilaian :
Lisan dan tulisan
I. Produk siswa :
Mengetahui Banda
Aceh,
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajran
Drs. Aiyub Mubarik,
A.Ma
Nip. 196804141999051001 Nip.
198502012009011005
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas :
IV
Materi Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan /
waktu : Ketiga / 2 x 35
menit
A.
Kompetensi Dasar
1.1
Mengidentifikasikan
sifat-sifat operasi hitung
B.
Indikator
o
Melakukan operasi
hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran
o
Menentukan hasil perkalian dengan bilangan 0 dan 1
o
Menentukan hasil
pembagian dengan bilangan 0 dan 1
C.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat menentukan hasil perkalian dengan bilangan 0 dan 1
D.
Materi Essensial
Mengidentifikasi Sifat-Sifat Operasi
Hitung
–lanjutan–
E.
Media Belajar
o
Buku MATEMATIKA SD
Haryanto Erlangga Kelas IV
- Metode pembelajaran :ceramah, lisan dan tulisan
G.
Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa
o
Mengulang materi
pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
|
(5 menit)
|
o
Menjumlahkan sifat
penjumlahan nol (0)
7 + 0 = 7
o
Menghitung sifat
perkalian dengan bilangan nol (0)
7 x 0 = 0
o
Menghitung sifat
perkalian dengan bilangan nol (1)
7 x 1 = 7
o
Menghitung sifat
bilangan satu dalam pembagian
7 : 1 = 7
o
Menghitung sifat
pembagaian yang lainnya
|
(50 menit)
|
o
Memberikan
kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk menjawab soal
|
(5 menit)
|
o
|
|
- Penilaian : Lisan dan tulisan
- Produk siswa :
Mengetahui Banda
Aceh,
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Aiyub Mubarik,
A.Ma
Nip. 196804141999051001 Nip.
198502012009011005
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas :
IV
Materi Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan /
waktu : Pertama / 2 x 35
menit
A.
Kompetensi Dasar
1.2
Mengurutkan bilangan
B.
Indikator
o
Membaca dan menuliskan
lambang bilangan serta menuliskan nama bilangan
o
Menulis lambang
bilangan sesuai dengan nilai tempatnya
o
Mengurutkan bilangan
dengan pola teratur dan tidak teratur
C.
Tujuan
pembelajaran
Siswa Membaca
dan menuliskan lambang bilangan serta menuliskan nama bilangan
D.
Materi Essensial
Mengurutkan bilangan
o
Mengenal bilangan
1.001 sampai dengan 50.000
o
Mengenal bilangan
lebih dari 50.000
E.
Media Belajar
o
Buku matematika M
Khafid Erlangga kelas IVA
F.
Metode
pembelajaran : Ceramah dan
mengerjakan soal
G.
Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa
1.
Pendahuluan
o
Menyampaikan
Indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
2.
Kegiatan Inti
o
Membaca lambang
bilangan 1.001 sampai dengan 50.000
o
Mengerjakan latihan
1 Hlm.11
o
Mempelajari contoh
soal menuliskan nama bilangan
o
Mengerjakan latihan
2. Hlm.12
o
Mempelajari contoh
soal menuliskan lambang bilangan
o
Mengerjakan latihan
3. Hlm.12
o
Mempelajari contoh
dan mengerjakan latihan 4 dan 5. Hlm. 13
o
mengerjakan latihan
6. Hlm. 14
|
(50 menit)
|
3.
Penutup
o
Mengulang kembali materi
membaca dan menuliskan lambang 1.001 sampai dengan 50.000
|
(5 menit)
|
4.
Pekerjaan Rumah
o
o
|
|
Mengetahui Banda
Aceh,
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Aiyub Mubarik,
A.Ma
Nip. 196804141999051001 Nip.
198502012009011005
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas :
Kelas
Materi Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan /
waktu : Kedua / 2 x 35
menit
A.
Kompetensi Dasar
1.2
Mengurutkan bilangan
B.
Indikator
o
Membaca dan
menuliskan lambang bilangan serta menuliskan nama bilangan
o
Menulis lambang
bilangan sesuai dengan nilai tempatnya
o
Mengurutkan bilangan
dengan pola teratur dan tidak teratur
C.
Tujuan
Pembelajan
Siswa dapat menuliskan lambang bilangan sesui dengan nilaitempat
D.
Materi Essensial
Mengurutkan bilangan
o
Menentukan nilai
tempat
E.
Media Belajar
o
Buku matematika M
Khafid Erlangga kelas IVA
F.
Metode
pembelajarn : ceramah, diskusi
dan Tanya jawab
G.
Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa
o
Mengumpulkan
pekerjaan rumah
o
Mengulang materi pertemuan
sebelumnya
|
(5 menit)
|
o
Mempelajari nilai
tempat dari :
-
satuan,
-
puluhan,
-
ratusan ribuan,
-
puluh ribuan,
-
ratus ribuan
o
mempelajari contoh
dan mengerjakan latihan 7 Hlm.16
o
mengerjakan latihan
8 Hlm.17
o
mengerjakan latihan
9 Hlm.17
|
(50 menit)
|
o
Memberikan
kesempatan kepada satu orang siswa untuk mengerjakan soal
o
Memberikan motivasi
untuk mengerjakan soal di rumah kembali
|
(5 menit)
|
o
o
|
|
Mengetahui Banda
Aceh,
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Aiyub Mubarik,
A.Ma
Nip. 196804141999051001 Nip.
198502012009011005
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas :
IV
Materi Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan /
waktu : Ketiga / 2 x 35menit
A.
Kompetensi Dasar
1.2
Mengurutkan bilangan
B.
Indikator
o
Membaca dan
menuliskan lambang bilangan serta menuliskan nama bilangan
o
Menulis lambang
bilangan sesuai dengan nilai tempatnya
o
Mengurutkan bilangan
dengan pola teratur dan tidak teratur
C.
Tujuan
pembelajaran
Siswa dapat menentukan nilai tempat dan menuliskan nama bilangan
D.
Materi Essensial
Mengurutkan bilangan
o
Menentukan nilai
tempat
E.
Media Belajar
o
Buku matematika M
Khafid Erlangga kelas IVA
F.
Metode
Pembelajaran : Ceramah, diskusi
dan Tanya jawab
G.
Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa
o
Mengulang materi
pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
|
(5 menit)
|
||||
o
Mempelajari contoh
menuliskan lambang bilangan sesuai dengan nilai tempatnya Hlm. 18
200.000 +
10.000 + 2.000 + 300 + 40 + 5 = 212.345
Atau
o
Mengerjakan latihan
10. Hlm. 18
o
Mengerjakan latihan
11. Hlm. 18
o
Melakukan permainan
menyusun lambang bilangan
|
(50 menit)
|
||||
o
Memberikan
kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk menjawab soal
|
(5 menit)
|
||||
o
o
|
|
Mengetahui Banda
Aceh,
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Aiyub Mubarik,
A.Ma
Nip. 196804141999051001 Nip.
198502012009011005
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Operasi
Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu : Keempat / 2 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
A.
Kompetensi Dasar
1.2
Mengurutkan bilangan
B.
Indikator
o
Membaca dan
menuliskan lambang bilangan serta menuliskan nama bilangan
o
Menulis lambang
bilangan sesuai dengan nilai tempatnya
o
Mengurutkan bilangan
dengan pola teratur dan tidak teratur
- Materi Essensial
Mengurutkan bilangan
o
Membandingkan dua
bilangan yang melibatkan nilai tempat
o
Mengurutkan bilangan
dari terkecil atau terbesar
o
Pemecahan masalah
sehari-hari
- Media Belajar
o
Buku matematika M
Khafid Erlangga kelas IVA
- Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o
Mengulang materi
pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
|
(5 menit)
|
o
Mempelajari contoh
soal Hlm. 21
o
Mempelajari contoh
soal Hlm. 22
o
Mengerjakan latihan
12. Hlm. 22
o
Mengerjakan latihan
13. Hlm. 23
o
Mempelajari urutan
bilangan dari terkecil dan terbesar
o
Mengerjakan latihan
14. Hlm. 23
o
Mengerjakan latihan
15 Hlm. 24
|
(50 menit)
|
o
Memberikan kesimpuilan
bahwa untuk membandingkan dua bilangan dapat dilakukan dengan cara
membandingkan angka-angka urut dari nilai tempat terbesar
|
(5 menit)
|
o
Mengerjakan latihan
16 Hlm. 24
|
|
Mengetahui Banda
Aceh,
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Aiyub Mubarik,
A.Ma
Nip. 196804141999051001 Nip.
198502012009011005
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Operasi
Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu : Kelima / 2 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
A.
Kompetensi Dasar
1.2
Mengurutkan bilangan
B.
Indikator
o
Membaca dan
menuliskan lambang bilangan serta menuliskan nama bilangan
o
Menulis lambang
bilangan sesuai dengan nilai tempatnya
o
Mengurutkan bilangan
dengan pola teratur dan tidak teratur
C.
Materi Essensial
Mengurutkan bilangan
o
Mengurutkan bilangan
dari terkecil atau terbesar
o
Pemecahan masalah
sehari-hari
D.
Media Belajar
o
Buku matematika M
Khafid Erlangga kelas IVA
E.
Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa
o
Mengulang materi
pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
|
(5 menit)
|
o
Mengurutkan
bilangan yang tidak berpola dan berpola
o
Mengerjakan latihan
17. Hlm. 25
o
Mengerjakan latihan
18. Hlm. 26
o
Mempelajari contoh
soal Hlm.26
o
Mengerjakn latihan
19. Hlm.27
|
(50 menit)
|
o
Memberikan
kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk menjawab soal
|
(5 menit)
|
o
Mengerjakan soal
tantangan Hlm.28
|
|
Mengetahui Banda
Aceh,
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Aiyub Mubarik,
A.Ma
Nip. 196804141999051001 Nip.
198502012009011005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar