Rabu, 18 April 2012

Sejarah hasan tiro dan gempa

Untuk mengetahui lebih lanjut masalah sejarah aceh, silahkan klik link di bawah ini :

http://www.atjehcyber.net/2011/12/buku-atjeh-bak-mata-donja-karangan.html
 

ATJEH CYBER WARRIOR

syndicated content powered by FeedBurner

Subscribe Now!

...with web-based news readers. Click your choice below:

addtomyyahoo4Subscribe in 
NewsGator OnlineAdd to My
 AOL
Subscribe 
with BloglinesAdd to 
netvibes
Add to 
Google

...with other readers:

original feed View Feed XML
FeedBurner makes it easy to receive content updates in My Yahoo!, Newsgator, Bloglines, and other news readers.

Current Feed Content

  • Tangkap Bush dan Obama, Diberikan Hadiah Rp 150 M, Berminat?

    Posted: 2012-04-18 01:48:56 UTC+07:00
    Nazir Ahmed, Anggota parlemen Inggris dari Partai Buruh

    LONDON--MICOM : Anggota parlemen Inggris dari Partai Buruh, Nazir Ahmed, melontarkan pernyataan yang sangat kontroversial. Dia menawarkan hadiah Rp150 miliar bagi yang bisa menangkap Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan mantan Presiden AS George W Bush.

    Surar kabar Pakistan Express Tribune, Selasa (17/4), melaporkan orang Islam pertama yang menjadi anggota parlemen Inggris itu menawarkan hadiah sekitar 10 juta Pound Sterling atau sekitar Rp150 miliar. kepada siapa saja yang bisa menangkap Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan mantan Presiden AS George W Bush.

    Pernyataan tersebut diungkapkan Nazir Ahmed saat berkunjung ke Haripur, Pakistan, Jumat pekan lalu. Dia menyampaikan hal itu sebagai balasan atas hal serupa oleh pemerintah AS.

    Sebelumnya, Amerika menawarkan hadiah sebesar US$10 juta atau sekitar Rp91 miliar bagi yang berhasil menangkap pimpinan Laskhar e Tayyiba Pakistan Hafiz Muhammad Saeed. Amerika menuduh Hafiz sebagai dalang serangan teroris 2008 di Mumbai, India.

    "Jika AS bisa mengumumkan hadiah US$10 juta untuk penangkapan Hafiz Saeed, saya juga bisa mengumumkan hadiah 10 juta Pound untuk (penangkapan) Presiden Obama dan pendahulunya, George Bush," kata Nazir.

    Menanggapi sikap anggotanya itu, Partai Buruh Inggris kemudian menonaktifkan keanggotaan dewan keturunan Pakistan tersebut.

    "Kita telah menonaktifkan sementara keanggotaan Ahmed hingga ia selesai diinterogasi. Jika pernyataannya itu benar dan serius, kami akan tindak tegas," kata juru bicara Partai Buruh, Senin (16/4). (Media Indonesia)


    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • Takut Hadapi UN, Siswa Mengadu ke Kuburan

    Posted: 2012-04-18 01:31:37 UTC+07:00
    www.mediaindonesia.com

    UJIAN nasional yang digelar mulai menjelma menjadi teror nasional. Selain menerjunkan polisi bersenjata lengkap untuk mengawal naskah, para siswa pun berlomba-lomba mencari jalan pintas. Mereka mendatangi makam dan menjalani ritual cuci kaki guru dan ibu.

    Makam Abdurrahman Wahid di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, dalam sepekan terakhir ini dipadati para pelajar yang datang dari berbagai daerah. Mereka datang memanjatkan doa agar lulus dalam ujian nasional (UN).

    Para siswa di Kudus, Jawa Tengah, juga tidak lupa berziarah ke makam Sunan Kudus. Mereka berharap agar diberikan kekuatan mental dan spiritual sehingga dapat menyelesaikan soal UN dengan baik.

    Lain lagi di Demak, Jawa Tengah. Para siswa minum air zamzam. Mereka berharap dengan meminum air zamzam mampu menjalani ujian itu.

    Ritual mencuci kaki ibu dijalani siswa di Jambi. Pengalaman spiritual yang merevitalisasi kedekatan hubungan batin antara ibu dan anaknya tersebut diharapkan memberikan suntikan semangat pada setiap siswa untuk berjuang keras menyelesaikan ujian nasional.

    Hampir serupa, siswa di Nganjuk, Jawa Timur, menjalani ritual sungkeman sambil membasuhkan air bunga ke kaki guru. Para siswa juga meminta maaf kepada adik-adik kelas mereka layaknya ritual bermaaf-maafan saat Lebaran.

    Tidak sedikit pula para siswa di berbagai daerah mengikuti istigasah.

    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mempersilakan siswa mengikuti kegiatan keagamaan menyambut ujian nasional. "Ketimbang mereka melakukan kegiatan yang tidak produktif dalam mempersiapkan ujian nasional, misalnya dansa-dansi," tukas Nuh, kemarin.

    Perbudakan spiritual

    Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Komaruddin Hidayat menilai wajar penyelenggaraan doa bersama menghadapi ujian nasional. "Setiap usaha memang wajar dan mesti disertai doa. Apakah itu doa bersama atau diistilahkan istigasah, tetapi jangan sampai berlebihan," tukasnya.

    Pengamat pendidikan Arif Rachman berharap agar kegiatan keagamaan yang digelar menghadapi ujian nasional tidak melanggar batas kewajaran. "Kalau sampai berdoa berjam-jam sambil menangis, saya rasa itu berlebihan," katanya.

    Arif juga menyoroti fenomena berziarah ke kuburan menjelang ujian nasional. Ia berpendapat cara itu masih wajar sepanjang tidak memohon untuk mengabulkan permintaan.

    Serangkaian ritual yang dijalankan siswa menjelang ujian, menurut mantan Ketua PP Muhammadiyah Syafii Maarif, merupakan perbudakan spiritual. Hal itu terjadi karena para pelajar tidak percaya diri.

    "Seharusnya meminta itu langsung kepada Tuhan. Ini semacam perbudakan spiritual. Ritual itu dilakukan oleh orang yang tidak percaya diri. Orangtua dan guru juga kurang memberikan arahan," kata Syafii.

    Rektor Universitas Paramadina Jakarta Anies Baswedan menambahkan, keadaan itu menunjukkan potret masyarakat yang lebih memilih jalan pintas ketimbang menghargai proses. "Kejadian ini refleksi dari masyarakat kita, bahwa kita semua memang lebih senang jalan pintas daripada proses," tandas Anis.

    Ritual seperti itu, lanjut Anis, seharusnya bisa dicegah ketika orangtua dapat mengambil peran agar anak-anak merasa tenang saat menghadapi ujian nasional. "Kalau orangtua panik, segala cara ditempuh," kata Anis. 

    Sumber: MediaIndonesia.com


    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • Ahmadinejad: "Di Masa Depan, Palestina Akan Kuasai Israel"

    Posted: 2012-04-18 01:08:11 UTC+07:00

    TEHERAN - Di depan para aktivis yang berpartisipasi dalam aksi solidaritas Palestina, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan bahwa Palestina harus segera menguasai wilayahnya. Ahmadinejad juga mengecam aksi penjajahan yang dilakukan Israel.

    "Tak peduli seberapa kuat Israel yang muncul sebagai musuh, mereka akan hancur dan kita semua harus bersiap diri untuk memperingati hari yang sangat istimewa di saat negara arogan itu musnah dari bumi. Palestina harus menguasai wilayahnya," ujar Ahmadinejad, seperti dikutip Jerusalem Post, Senin (19/3/2012).

    Aksi solidaritas untuk Palestina, Global March to Jerusalem (GMJ) akan digelar pada Jumat, 30 Maret mendatang. Kegiatan tersebut bertepatan dengan peringatan 36 tahun "Palestinian Land Day" atau hari bumi Palestina. Komunitas internasional mengenang Palestinian Land Day sebagai sebuah peringatan akan peristiwa berdarah yang terjadi pada 1976, di mana para demonstran Palestina dihabisi oleh pasukan Israel.

    GMJ juga dihadiri oleh banyak organisasi masyarakat, dan hingga kini aksi tersebut sangat diwaspadai oleh Israel. Pemimpin Spiritual Iran Ayatullah Ali Khamenei mengatakan, Iran selalu mendukung segala gerakan dan kelompok yang berjuang mengecam aksi kejam Israel di wilayah Palestina.

    Rombongan dari partisipan GMJ juga sudah tiba di Iran pada Kamis lalu dan disambut oleh para warga di Negeri Persia itu. Rombongan-rombongan itu umumnya berasal negara-negara Asia seperti Indonesia, India, Pakistan, Malaysia, dan Filipina.(Okez)


    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • Pertemuan PM Israel - Palestina Dipastikan Gagal

    Posted: 2012-04-18 01:06:00 UTC+07:00

    YERUSALEM - Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak memprediksikan, pertemuan antara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad akan ditunda.

    Fayyad akan menjadi kepala delegasi Palestina yang hendak mengadakan pertemuan dengan Netanyahu, namun waktu dan tempat pertemuan itu tidak dikonfirmasi olehnya. Fayyad juga akan memberikan surat resmi dari Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas ke tentang kebuntuan dialog tersebut.

    "Salam Fayyad tidak tertarik untuk bertemu dengan Netanyahu karena adanya perbedaan opini terkait isu pajak Palestina," ujar Barak, seperti dikutip Haaretz, Selasa (17/4/20120.

    Kepala negosiator Palestina Saeb Erekat mengatakan, pada pagi ini, dirinya tidak menerima kabar dari Israel tentang pertemuan antara Fayyad dan Netanyahu. Erekat juga menegaskan, Fayyad harus datang dalam pertemuan ini. Hingga saat ini, Israel juga menolak untuk memberikan detil dari rencana pertemuan itu.

    Bila Fayyad tidak dapat menghadiri pertemuan itu, Erekat-lah yang akan memimpin delegasi Palestina. Netanyahu sendiri belum dipastikan akan hadir dalam pertemuan itu dan kemungkinan besar, Netanyahu akan mengutus Yitzhak Molcho.

    Erekat sebelumnya sudah mengatakan kepada utusan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Timur Tengah Robert Serry, bahwa tujuan dari pertemuan Fayyad dan Netanyahu adalah menyampaikan pesan dari Abbas. Abbas menyampaikan, hal-hal yang kiranya menjadi yang sesuatu yang penting untuk dicapai di masa yang akan datang.(Okez)


    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • "Kami Tidak Janji untuk Tidak Menyerang Iran"

    Posted: 2012-04-18 01:03:20 UTC+07:00

    JERUSALEM - Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak mengatakan, dialog nuklir yang dilakukan Barat dengan Iran hanya buang-buang waktu. Barak pun menegaskan, Israel tidak akan membiarkan Iran memimpin pembicaraan tersebut.

    Ketika disinggung apakah Israel berjanji kepada Amerika Serikat (AS) untuk tidak menyerang Iran selama dialog berlangsung, Barak malah menyatakan Israel tidak pernah memberikan komitmen apa pun terkait masalah ini.

    "Kami tidak berjanji tentang apapun. Kami bukan bagian dari dialog internasional itu. Rakyat Amerika mengetahui posisi kami," ujar Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak seperti dikutip Times of Israel Selasa, (17/4/2012).

    Barak pun menambahkan, sejak awal Israel meragukan keseriusan Iran dalam dialog yang berlangsung di Istanbul, Turki pada akhir pekan lalu itu. Baginya, upaya yang tengah dilakukan Iran saat ini adalah mengulur waktu untuk terus melakukan pengayaan uranium guna memproduksi bom atom.

    "Iran tidak harus menghentikan pengayaan uraniumnya, namun mereka dapat melakukan pengayaan uranium pada tingkat 3,5 persen yang tidak berbahaya. Ini untuk mencegah apa yang terjadi sebelumnya di Pakistan dan Korea Utara," tambah Barak.

    Selain itu, Menhan Barak pun mengungkapkan keprihatinannya atas sikap Iran yang menolak penutupan fasilitas nuklir di Kota Suci Qom.

    Atas persetujuan semua pihak dialog nuklir antara Iran dengan kelompok P5+1, kabarnya akan dilanjurkan pada 23 Mei mendatang di Baghdad, Irak. Pertemuan ini dilakukan guna mencari solusi atas program nuklir Iran, yang dituding berambisi memproduksi bom atom. (Okez)


    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • Skandal Seks Secret Service Bikin Malu Militer AS

    Posted: 2012-04-18 01:01:27 UTC+07:00

    WASHINGTON - Pejabat militer Amerika Serikat (AS) mengutarakan rasa malunya seiring dengan adanya skandal seks yang menimpa agen Secret Service di Kolombia.

    "Saya bisa mengatakan pada diri saya dan para pejabat militer lainnya, kami sangat malu dengan apa yang terjadi di Kolombia. Meski kami tidak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi," ujar Kepala Staf Militer Gabungan AS Jendral Martin Dempsey, seperti dikutip Today Zaman, Selasa (17/4/2012).

    Pentagon juga mengatakan, jumlah personil militer yang terlibat dalam skandal itu nampaknya cukup banyak dibanding yang diberitakan. Menurut juru bicara Pentagon, George Little, personil militer yang saat ini diselidiki memang tergabung dalam Secret Service namun mereka tidak terlibat dalam proses pengamanan Presiden Barack Obama.

    Sebelumnya Sabtu 14 April lalu Secret Service sudah memulangkan 11 personel mereka yang seharusnya bertugas mengawal Presiden Barack Obama. 11 agen tersebut kedapatan mengencani pekerja seks komersial di Cartagena, sesaat sebelum Presiden Obama mendarat.

    Kolonel Scott Malcolm yang mengorganisir pasukan yang tergabung dalam misi Secret Service di Cartagena menolak untuk mengatakan, berapa jumlah personil tambahan yang saat ini menjalankan proses penyelidikan. Dirinya hanya mengatakan, lima anggota militer sudah diterbangkan ke Miami pada Senin kemarin untuk menjalani penyelidikan.

    Rasa kecewa juga diutarakan oleh pejabat Angkatan Udara AS, Jendral Douglas Fraser. Menurut Fraser, kelakuan seperti itu sangat tidak memenuhi standar profesional militer Negeri Paman Sam.


    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • Inilah Video Aksi Brutal Israel Pukul Aktivis HAM Pro-Palestina

    Posted: 2012-04-17 22:04:06 UTC+07:00

    JERUSALEM -- Sebuah organisasi Palestina mengunggah di YouTube sebuah rekaman video yang berisikan kebrutalan tentara Israel.

    Video yang memperlihatkan perwira Pasukan Pertahanan Israel sedang memukul wajah seorang aktivis demonstran dengan menggunakan senapannya itu menebarkan kemarahan di kalangan pegiat sayap-kiri di Israel pada Ahad (15/4).

    Video tersebut dibuat pada Sabtu ketika sekitar 200 demonstran menggelar aksi demonstrasi sambil mengendarai sepeda di lembah Jordan. Aksi digelar oleh lembaga swadaya masyarakat Palestina 'Gerakan Solidaritas Internasional'.

    Dalam rekaman pendek itu berjudul Airflotilla2 tersebut, seorang aparat yang diidentifikasi oleh media setempat sebagai Letnan Kolonel Shalom Eisner terlihat memukul seorang aktivis asing. Eisner memukulnya dengan menggunakan senapan M-16. Dia memukul wajah aktivis itu setelah keduanya terlibat pertengkaran.

    Rekaman video itu juga memperlihatkan beberapa prajurit Israel mendorong aktivis lainnya. Mereka menangkap dua demonstran.

    "Kami benar-benar menghadapi kejadian yang sangat kacau. Penyelidikan telah dimulai mengenai masalah ini," kata juru bicara satuan IDF kepada Xinhua. "Penyelidikan akan menetapkan kondisi yang mengakibatkan peristiwa yang didokumentasikan di video tersebut.''

    Lihat Videonya :


    Sumber: Antara/Xinhua-0ANA


    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • “Jari Tengah” Versi Fauzi Bowo

    Posted: 2012-04-17 09:51:46 UTC+07:00

    TEMPO.CO, Jakarta -Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo membuat heboh jagat Twitter. Foke terlihat berfoto dengan seorang perempuan sambil mengacungkan jari tengah.

    Fauzi mengaku tak mengerti arti gestur mengacungkan jari tengah. Foke, begitu ia biasa disapa, mengatakan hanya ikut-ikutan berpose bersama personel band yang tampil kemarin. "Saya nggak ngerti acara gituan. Sampai sekarang juga nggak ngerti. Memang semua anak band seperti itu," ujar Foke dengan logat Betawinya, usai kunjungn ke SMA 89 Jakarta Timur.

    Sebelumnya jejaring sosial Twitter dihebohkan dengan beredarnya foto Foke sedang mengacungkan jari tengah. Dalam foto itu ia terlihat diapit seorang perempuan dan lelaki muda. Tampak Foke dan perempuan di sebelahnya mengacungkan jari tengah dengan wajah semringah.

    Kepala Bidang Humas Pemprov DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, pun tak menampik bosnya berpose sambil mengacungkan jari tengah. Gestur itu memiliki arti sangat kasar dalam kebudayaan Barat.

    Foto tersebut berlokasi di lapangan Parkir Timur Senayan pada Minggu 15 April 2012. Saat itu Foke menghadiri Bursa Mobil dan Motor Bekas yang merupakan rangkaian perayaan hari ulang tahun harian Poskota. Ketika itu, Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, diminta naik ke atas panggung untuk menyerahkan sejumlah hadiah doorprize yang ia sumbangkan dan hadiah kepada pemenang-pemenang lomba.

    Cucu mengatakan tak ada maksud tertentu saat Foke melakukannya kemarin saat bertemu dengan klub motor di Senayan, Minggu 15 April 2012. "Itu konteksnya bercanda, waktu itu orang lain juga pada ketawa-ketawa. Waktu itu ngobrol sama klub motor, ada lomba band juga," kata Cucu. (Tempo)


    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • Di Brasil, Kue dari Daging Manusia Diperjual-belikan

    Posted: 2012-04-17 09:46:19 UTC+07:00

    Seorang wanita Brasil, Isabel da Silveira, 51 tahun, mengaku telah menjual kue dengan isi daging manusia yang telah diolah terlebih dahulu.

    Dilansir The Sun, Senin 16 April 2012, makanan ringan yang dikenal dengan sebutan empanadas (sejenis pastel) tersebut, berisi bagian dari daging dari dua orang perempuan yang dibunuhnya bersama sang suami, Jorge.

    Ketika membunuh dan memasukan daging korbannya ke dalam kue, pasangan suami istri itu diduga telah dibantu oleh seorang perempuan berusia 25 tahun bernama Bruna Cristina da Silva yang merupakan istri kedua Jorge.

    Terungkapnya kejadian itu berawal saat polisi menemukan jazad Alexandra Falcao, 20 tahun, dan seorang wanita tanpa identitas yang diduga berusia 31 tahun di lemari es keluarga ini. Sebagian bagian tubuh dikubur di halaman belakang rumah mereka di Garanhuns, timur laut Brasil.

    Tidak hanya itu, polisi juga menemukan belulang anak perempuan berusia lima tahun seorang gadis berusia 17 tahun yang diduga hilang dari kota terdekat pada 2008.

    Kepala polisi setempat, Wesley Fernandes mengatakan ketiga pelaku mengeksekusi korban dan mencicipi dagingnya karena menganut aliran sesat, yang dipercayai dengan memakan daging manusia bisa memurnikan jiwa mereka.
    Tidak hanya dikonsumsi sendiri, mereka juga mengolah daging itu untuk menjadi bahan kue empanadas (sejenis pastel) yang dijual ke pasar.

    "Pembunuhan dilakukan dengan cara menusuk hingga korban tewas. Kemudian darahnya dibuang dan memotong bagian tubuh yang dapat digunakan untuk mengisi kue empanadas. Karena kue tersebut sangat populer, maka tersangka dapat menjualnya dalam waktu singkat," ujar Fernandes.

    Ia menambahkan, seorang pria muda ditengarai akan menjadi korban berikutnya. Para pelaku telah menyusun rencana dan menetapkan tanggal kematian sebelum kemudian mencari korbannya. Kini ketiganya harus meringkuk di penjara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.


    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • Menara Tertinggi Dunia Berdiri 5 Tahun Lagi

    Posted: 2012-04-17 09:28:04 UTC+07:00
    Kingdom Tower Jeddah 11

    JEDDAH - Kingdom Tower Jeddah adalah menara ini digadang-gadang menjadi yang tertinggi di dunia. Dirancang dengan tinggi 1.000 meter, mengalahkan keangkuhan Burj Khalifa di Dubai, yang tegak dengan tinggi 828 meter.

    Pada Senin 16 April 2012, Kepala Kingdom Holding Company, Pangeran Alwaleed bin Talal, mengumumkan gedung pencakar langit itu akan selesai dalam waktu 63 bulan ke depan. Atau sekitar lima tahun mendatang.

    "Bangunan ini merupakan menara tertinggi di dunia milik Pangeran Waleed bin Talal yang juga terlibat dalam perancangan," ujar Talal Al-Maiman sebagaimana dikutip Arabnews.

    Talal Al-Maiman merupakan salah satu anggota dewan Kingdom Holding Company dan Jeddah Economic Company. Luas bangunan Kingdom Tower dirancang 500.000 meter persegi.

    Menara ini akan digunakan untuk Hotel Four Season, apartemen, perkantoran kelas utama, kondominium mewah, dan observatorium yang akan lebih tinggi dari tempat observasi tertinggi dunia. Kingdom Tower akan menjadi pusat dari Kingdom City Jeddah--sebuah mega proyek bangunan kota untuk pusat ekonomi, perkantoran, hotel, dan perumahan.

    Tower ini merupakan tahap pertama dari mega proyek tersebut. Kontrak pembangunan Kingdom Tower ditandatangani oleh perusahaan milik keluarga Osama bin Laden, Saudi Binladen Group (SBG) dengan nilai 4,6 miliar Real Saudi atau sekitar US$1,2 miliar.

    Kingdom Tower akan dijadikan sebagai simbol ekonomi dan budaya. "Kami membayangkan Kingdom Tower sebagai ikon baru sebagaimana dalam sejarahnya Jedah sebagai ikon pintu gerbang Kota Suci Mekah," ujar Al-Maiman.

    Tower ini didesain oleh tim interdisiplin. Dipimpin oleh Adrian Smith + Gordon Gill Architecture (AS+GA) yang berkantor di Chicago, Amerika Serikat.

    Tim ini juga melibatkan konsultan teknik bangunan, konsultan desain sistem lingkungan dan rekaayasa struktural, Thorton Tomasetti, insinyur yang terlibat pembangunan tiga dari sepuluh bangunan tertinggi dunia.

    Jeddah Economic Company memilih AS+GA setelah melalui proses seleksi yang panjang. AS+GS hars berkompetisi dengan SOM, Pickard Chilton, Kohn Pedersen Fox, Pelli Clarke Pelli dan Foster + Partners. Kingdom City Jeddah.

    Sementara, untuk membangun mega proyek Kingdom City Jeddah semula dianggarkan dana sebesar 75 miliar Real Saudi atau sekitar US$20 miliar.

    Namun, dalam pengumumannya kemarin, Alaweed bin Talal mengatakan dana itu ditambah 7,3 miliar hingga 8,8 Real Saudi. Tanah seluas 5,3 juta meter persegi di sebelah utara Jeddah disediakan untuk mega proyek tersebut.

    Tanah ini menghadap ke Laut Merah dan anak Sungai Obhur. Kingdom City Jeddah dibangun oleh Jeddah Economic Company yang dibentuk pada 2009 silam.

    Perusahaan ini terdiri dari Kingdom Holding Company dengan saham 33,35 persen, Saudi Binladen Group (16,63 persen), Abraar International Holding Company yang diwakili oleh Samaual Bakhsh (33.35 persen) dan pebisnis Jeddah, Abdulrahman Hassan Sharbatly dengan saham sebesar 16.67 persent. Izin pembangunan mega proyek itu telah diterima dari pemerintah Kota Jeddah pada 19 Februari 2012 yang lalu. (VIVA)



    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • Jagoan AS Jadi Presiden Bank Dunia

    Posted: 2012-04-17 09:15:55 UTC+07:00

    VIVAnews - Bank Dunia akhirnya menetapkan kandidat calon dari Amerika Serikat, Jim Yong Kim, sebagai presiden pengganti Robert Zoellick. Kim mengalahkan salah satu kandidat terkuat Ngozi Okonjo-Iweala yang didukung negara berkembang.

    Alhasil, keputusan Bank Dunia ini meninggalkan pertanyaan dari negara-negara berkembang. Sebab, Ngozi Okonjo-Iweala yang merupakan menteri keuangan Nigeria, mendapat dukungan dari "sekutu" Washington di Eropa Barat, Jepang, Kanada, dan beberapa negara berkembang, termasuk Rusia, Meksiko, dan Korea.

    Namun, keputusan Bank Dunia ini dinilai tidak bulat. "Para kandidat mendapat dukungan dari negara anggota yang berbeda. Ini mencerminkan tingginya kaliber (pengalaman) dari para calon," kata Bank Dunia dalam pengumumannya seperti dilansir Reuters, Senin, 17 April 2012.
    Kim yang merupakan keturunan Korea Selatan akan menjabat sebagai orang nomor satu Bank Dunia terhitung mulai 1 Juli 2012 atau setelah Presiden Robert Zoellick melepas jabatannya.

    Penunjukan Kim kembali menegaskan tradisi lama bahwa Amerika Serikat telah memiliki jatah memegang tahta "kepresidenan" Bank Dunia sejak Bank Dunia berdiri usai Perang Dunia II. Sementara itu, Eropa mendapat "jatah" posisi tertinggi di Dana Moneter Internasional atau IMF.

    Pemilihan ini sangat tak disangka, mengingat Kim bukanlah seorang politikus, bankir atau diplomat. Kim adalah dokter terlatih dan antropolog yang telah bekerja untuk membawa kesehatan kepada orang miskin di negara berkembang. Seperti memerangi tuberkulosis di Haiti dan Peru atau menanggulangi HIV/AIDS.

    Jim Yong Kim juga merupakan calon dari AS dan telah mendapat dukungan Presiden Barack Obama. Pria berumur 52 tahun ini lahir di Seoul Korea Selatan, namun tumbuh di Iowa, AS. Dia pernah menempuh pendidikan di bidang medis dan antropologi di Harvard dan mengajar kedokteran di beberapa universitas.

    Pada 2003-2007, Kim memimpin WHO di bidang penanganan HIV/AIDS untuk negara berkembang. Saat ini, Kim menjabat sebagai Presiden di Dartmouth College. (art)


    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • Google Earth, Pertemukan Anak dan Ibu yang Hilang Selama 26 tahun

    Posted: 2012-04-17 09:13:03 UTC+07:00

    SAROO, nama bocah itu, baru lima tahun usianya ketika tersesat. Dia bepergian bersama kakaknya yang bekerja sebagai penyapu di kereta api India. "Ketika itu sudah larut malam. Kami turun dari kereta, dan saya sangat lelah sehingga saya duduk di sebuah stasiun kereta api, dan akhirnya saya tertidur," tutur Saroo seperti dilaporkan BBC, Jumat lalu.

    Tidurnya itu mengubah sisa hidupnya. "Saya pikir kakak saya akan kembali dan membangunkan saya, tapi ketika saya terbangun ia tidak terlihat. Saya melihat sebuah kereta api di depan saya dan berpikir, ia pasti di dalam kereta itu. Jadi, saya masuk ke kereta itu dan berharap saya akan bertemu saudara saya."

    Namun, Saroo tidak menemukan saudaranya di kereta tersebut. Sebaliknya, ia tertidur lagi dan terkejut ketika terbangun 14 jam kemudian. Ia pada awalnya tidak menyadari kalau ia telah tiba di Kalkutta, kota ketiga terbesar India dan terkenal karena kekumuhannya.

    "Saya sangat takut. Saya tidak tahu di mana saya berada. Saya mulai mencari orang dan bertanya kepada mereka."

    Segera dia merasa tidak nyaman. "Itu merupakan tempat yang sangat menakutkan. Saya pikir, tidak ibu atau ayah yang ingin anak mereka yang berusia lima tahun mengembara sendirian di daerah kumuh dan stasiun kereta api Kalkutta."

    Saroo kecil harus belajar untuk mengurus dirinya sendiri. Ia menjadi pengemis, menjadi salah satu dari banyak anak yang mengemis di jalanan kota. "Saya harus sangat hati-hati. Anda tidak bisa mempercayai siapa pun." Pernah ia didekati seorang pria yang menjanjikannya makanan dan tempat tinggal, serta akan mengembalikannya ke rumah. Tetapi, Saroo curiga. "Pada akhirnya, saya pikir dia akan melakukan sesuatu yang tidak baik terhadap saya, jadi saya lari," tuturnya kepada BBC.

    Ia beruntung karena pada akhirnya bisa keluar dari jalanan. Ia diambil sebuah panti asuhan, yang lalu menawarkan dia untuk diadopsi. Dia kemudian diadopsi oleh keluarga Brierleys, pasangan dari Tasmania. "Saya akhirnya menerima bahwa saya telah tersesat dan saya tidak bisa menemukan jalan kembali ke rumah, jadi saya pikir ke Australia merupakan hal yang bagus."


    Saroo hidup tenang di rumah barunya. Namun, ketika semakin dewasa, keinginan untuk menemukan keluarga aslinya semakin kuat. Masalahnya, sebagai seorang bocah lima tahun yang ketika itu masih buta huruf, ia tidak tahu nama kota tempat asalnya. Yang dia miliki hanya kenangan dalam ingatannya. Maka, ia mulai menggunakan Google Earth untuk mencari tempat kelahirannya.


    "Itu seperti menjadi Superman. Anda bisa pergi dan mengambil foto berdasarkan ingatan dan bertanya, 'Apakah ini cocok?' Dan ketika Anda mengatakan, 'Tidak', Anda terus mencari dan mencari dan mencari."

    Akhirnya Saroo menemukan strategi yang lebih efektif. "Saya mengalikan waktu saat saya berada di dalam kereta api, sekitar 14 jam, dengan kecepatan kereta api India dan saya mendapatkan sebuah jarak kasar, sekitar 1.200 km."

    Dia lalu menggambar sebuah lingkaran di peta dengan pusatnya di Kalkutta, dengan radius berdasarkan jarak yang dia pikir telah dia tempuh dalam perjalanan itu. Hebatnya, dia segera menemukan apa yang ia cari: Khandwa. "Ketika saya menemukannya, saya perbesar. Saya menelusurinya hingga ke air terjun di mana dulu saya bermain."

    Segera setelah itu ia pergi ke Khandwa, kota yang telah ia temukan secara online. Dia menelusuri jalanan kota itu dengan kenangan masa kecilnya. Akhirnya ia menemukan rumahnya sendiri di kawasan Ganesha Talai. Tetapi, rumah itu tidak seperti yang ia harapkan. "Ketika saya sampai di pintu, saya melihat sebuah gembok di sana. Rumah itu terlihat tua dan usang, seakan-akan tidak ada orang yang pernah tinggal di situ untuk waktu yang cukup lama."

    Saroo punya foto dirinya ketika ia masih bocah dan dia masih ingat nama keluarganya. Seorang tetangga mengatakan, keluarganya telah pindah. "Seorang lain datang dan kemudian orang ketiga muncul, dan ketika itulah saya merasa bahagia. Orang itu berkata, 'Tunggu di sini sebentar dan saya akan kembali'. Dan ketika ia kembali setelah beberapa menit, dia berkata, 'Sekarang saya akan membawa kamu ke ibumu.'"

    "Saya merasa mati rasa dan berpikir, 'Apakah saya sedang mendengarkan apa yang saya pikirkan akan saya dengarkan?'"

    Saroo kemudian dibawa untuk menemui ibunya yang berada di dekat situ. Pada awalnya, ia tidak mengenali ibunya. "Terakhir kali saya melihatnya saat dia berusia 34 tahun dan dia seorang perempuan cantik, saya lupa bahwa usia membuat perubahan. Tetapi, struktur wajah itu masih bertahan dan saya mengenalinya dan saya berkata, 'Ya, kamulah ibu saya'."


    "Dia memegang tangan saya dan membawa saya ke rumahnya. Dia tidak bisa mengatakan apa-apa kepada saya. Saya pikir, dia juga mati rasa seperti saya. Dia mengalami sedikit kesulitan ketika memegang anaknya, setelah 25 tahun, yang tiba-tiba saja muncul kembali seperti hantu. "

    Meskipun sudah lama takut bahwa putranya meninggal, seorang peramal mengatakan kepada ibunya bahwa suatu hari dia akan melihat putranya itu lagi. "Saya pikir peramal itu memberinya sedikit energi untuk bertahan hidup dan menunggu hari itu datang."

    Bagaimana dengan saudara Saroo, yang dulu bepergian bersama dia? Sayangnya, kabar tentang dia bukanlah kabar baik. "Sebulan setelah saya menghilang, kakak saya ditemukan di tewas di jalur kereta api," tutur Saroo seperti dikutip BBC. Ibunya tidak pernah mengetahui apakah ada kesengajaan atau apakah anak itu hanya terpeleset dan jatuh di bawah kereta.

    "Kami sangat dekat dan ketika saya keluar dari India, hal yang membuat saya sedih adalah mengetahui kakak saya sudah meninggal."

    Selama bertahun-tahun, Saroo Brierley pergi tidur dengan harapan bahwa ia bisa melihat ibunya lagi dan keluarga aslinya. Sekarang dia mendapatkan itu. Ia merasa sangat bersyukur. Dia kini terus berhubungan dengan keluarganya yang baru ditemukannya lagi. "Hal itu telah mengangkat beban dari bahu saya, saya tidur jauh lebih baik sekarang."

    Ada sesuatu yang lain lagi yang membuatnya tidur lebih baik sekarang. Sejumlah penerbit dan produser film kini mulai tertarik pada kisahnya yang luar biasa itu.

    Sumber :BBC


    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • Zionis Tangkap Puluhan Aktivis International di Bandara

    Posted: 2012-04-17 08:49:54 UTC+07:00


    YERUSALEM - Pihak keamanan Israel menahan puluhan aktivis internasional yang mendarat di Bandara Internasional Ben Guiron, Tel Aviv. Aktivis ini hendak melakukan aksi solidaritas dengan aktivis Palestina di Tepi Barat.

    Menurut pihak Israel, para aktivis ini termasuk dalam bagian kelompok yang menyebut dirinya "Welcome to Palestine". Mereka dianggap sebagai provokator yang mengancam keamanan Negara Yahudi tersebut.

    Namun para aktivis ini menolak dianggap sebagai pengancam keamanan. Mereka hanya berniat menarik perhatian Pemerintah Israel yang melarang memberikan akses untuk penyaluran bantuan kepada Palestina. Mereka mengaku aksi protes ini tidak mengandung kekerasan dan menuduh Israel menggunakan taktik keras untuk mencegah protes yang legal.

    Hingga pagi hari ini waktu Israel, Kementerian Dalam Negeri Israel menangkap 49 aktivis tersebut. Umumnya mereka terbang dari Spanyol, Swiss, Kanada, Italia dan Portugal. 12 dari 49 aktivis itu sudah disiapkan untuk diterbangkan kembali ke negaranya masing-masing.

    Ratusan petugas polisi disiapkan di dalam dan di sekitar bandara. Juru bicara Kepolisan Mickey Rosenfeld mengatakan, sembilan simpatisan asala Israel turut diinterogasi di bandara karena dianggap menimbulkan kekisruhan.

    "Mereka (para aktivis) memiliki latar belakang masalah keamanan dan terlibat dalam berbagai bentuk aktifitas protes," ujar Rosenfeld, seperti dikutip AFP, Senin (16/4/2012).

    Tindakan keras dari pihak keamanan Israel ini dikecam keras oleh salah satu koordinator aksi protes ini. "Israel melarang semua orang mengunjungi Palestina. Mereka terus menguasai perbatasan," tutur Amira Musallam.

    Musallam mengatakan, pihaknya bermaksud memasuki Palestina untuk memberikan bantuan. Program bantuan itu antara lain, merenovasi sekolah, menanam pohon serta melakukan tur ke wilayah Palestina agar dapat memberikan penjelasan tepat mengenai wilayah Palestina. (Okez)


    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • AS Gaji Teroris Rp. 918 Ribu Setiap Bulan

    Posted: 2012-04-17 08:39:18 UTC+07:00

    WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) membayar seorang teroris dengan uang USD100 atau sekira Rp918 ribu (Rp9.180 per dolar) tiap bulannya. Uang itu dibayarkan agar tersangka teroris tersebut bersedia untuk bersaksi melawan rekan sesama teroris lain.

    Zarein Ahmedzy tahun lalu mengaku bersalah atas keterlibatannya dalam plot bom bunuh diri yang ditargetkan pada jaringan transportasi bawah tanah di New York. Plot tersebut mengingatkan kembali kepada serangan 7 Juli 2007 yang melanda jaringan kereta bawah tanah di London. Demikian diberitakan Telegraph, Selasa (17/4/2012).

    Senin 16 April kemarin, Ahmedzay memberikan bukti yang melawan sesama rekannya, Adis Medunjanin. Ahmedzay pun mengaku selama beberapa tahun terakhir terus mendapatkan bayaran Rp918 ribu per bulan, selama berada di dalam penjara. Ahmedzay termasuk dalam beberapa teroris yang bersaksi melawan Medunjanin.

    Sebelumnya teroris Inggris Saajid Muhammad Badat juga melakukan perjanjian dengan pihak Pengadilan Inggris (CPS), agar diberikan pengurangan hukuman selama dua tahun bila dirinya bersaksi melawan teroris lainnya. Salah satu teroris yang dilawannya dalam kesaksian termasuk diantaranya Medunjanin.

    Sementara Ahmedzay yang saat ini ditahan di Brooklyn, New York, memberikan kesaksian dengan harapan dapat menghapus masa tahanannya dengan ganti bekerja sama dengan penyelidik.

    Pihak pengadilan mengetahui bahwa Pemerintah AS sudah menentukan, siapa yang akan memberikan vonis kepada Ahmedzay bila dirinya memang bekerja sama penuh terhadap Medunjanin.

    Ahmedzay juga mengklaim bahwa dirinya tidak akan dimasukan ke penjara dengan penjagaan maksimum jika bersedia memberikan keterangan.

    Bayaran Rp918 ribu per bulan itu ternyata sudah berlangsung lebih dari satu tahun. Namun Ahmedzay tidak menghitung berapa total yang diterimanya selama satu tahun. Tetapi diperkirakan dirinya mendapat uang sebesar USD2.000 atau sekira Rp18,3 juta, untuk jatahnya selama lebih dari satu tahun.

    Ahmedzay sebelumnya mengaku terlibat dalam perencanaan serangan bom bunuh diri dengan merekatkan bahan peledak di kereta bawah tanah New York, di saat jam sibuk. Selain Ahmedzay, pelaku lainnya Najibullah Zazi juga mengaku bersalah karena terlibat dalam plot serangan ini. (Okezone)


    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • Gempa di “Aceh”, Gempa di “Jakarta”

    Posted: 2012-04-17 23:51:17 UTC+07:00
    Sudah menjadi pengetahuan umum Indonesia adalah negara yang kaya, subur dan berada pada posisi strategis dalam lalu lintas dunia. Namun kemewahan dari Tuhan tersebut juga penuh dengan konsekuensi.

    Mulai dari rangkaian gunung berapi aktif dan gempa berujung tsunami yang sering terjadi di Aceh. Hingga gempa politik yang melanda kalangan elit politik di Jakarta.


    Video #1



    Video #2



    Video #3




    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • Kini, Apple Perusahaan Terkaya di Dunia

    Posted: 2012-04-16 10:03:25 UTC+07:00

    SAHAM raksasa teknologi Apple melampaui angka US$600 miliar atau Rp 5.500 triliun untuk pertama kalinya dalam sejarah. Angka tersebut mengokohkan posisi Apple sebagai perusahaan paling mahal di seluruh dunia.

    Nilai saham Apple mencapai titik tertingginya US$644 sekitar Rp6 juta pada Selasa (10/04), padahal pada Februari lalu baru saja melampau harga US$500.

    Saham Apple sudah melonjak nilainya hampir 60 perseb sejak awal tahun ini. Hal itu adalah tonggak pencapaian penting bagi pabrikan iPhone itu. Padahal, saham Apple baru dihargai US$3,19 Rp30 ribu pada 1997, saat perusahaan itu terancam bangkrut.

    Pesaing terdekat Apple adalah Microsoft yang bernilai US$260 miliar atau Rp 2.380 triliun. Microsoft pada 1999, pernah mencapai nilai US$619 miliar atau kurang lebih Rp5.677 triliun dalam bentuk kapitalisasi pasar.

    Spekulasi menyebut booming era teknologi baru akan segera muncul, diikuti dengan kelesuan setelahnya.

    Pada Senin (9/4), raksasa jejaring sosial Facebook baru saja mengumumkan belanja fantastis senilai US$1 miliar atau Rp9 triliun untuk penyedia aplikasi berbagi foto Instagram. Perusahaan mungil yang hanya mempekerjakan 13 pegawai dan baru didirikan pada Oktober 2010.

    Kebangkitan Apple di bawah kemudi mendiang Steve Jobs muncul berkat terobosan dalam produk komputer dan kemudian pemutar musik iPod, diikuti iPhone dan iPad.

    Jobs turut membidani lahirnya Apple di lembah Silicon pada 1980an. Namun kemudian dipecat pada akhir dekade itu.

    Jobs lalu diminta bergabung kembali tahun 1997, dan menerapkan perubahan pada lini produksi Apple. Kembalinya Jobs mencapai puncak pada kesuksesan iPhone serta tablet-nya, iPad.

    Pada Januari lalu, Apple melaporkan angka keuntungan terbesarnya dalam tiga bulan 2011. Pada akhir tahun yang sama, perusahaan ini melaporkan memiliki simpanan uang tunai 97,6 miliar atau Rp893 triliun.(BBC/MTN)


    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • Di Kolombia, Obama Kena “Pukulan” Bertubi-Tubi

    Posted: 2012-04-16 09:25:28 UTC+07:00

    BOGOTA - Tidak seperti tiga tahun lalu, yang disambut meriah bagaikan bintang pop, Presiden Barack Obama dari Amerika Serikat kali ini mendapat serangan bertubi-tubi saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi para pemimpin se-Amerika (OAS) di Kolombia.

    Pertama, dia mendapati kabar sejumlah agen Secret Service bermasalah melanggar hukum karena terlibat protitusi di Kolombia. Kedua, di ruang sidang, Obama dicecar sesama pemimpin se-Amerika soal masih berlakunya sanksi AS atas Kuba. Dia pun salah menyebut nama pulau yang tengah diperebutkan Argentina dan Inggris, demikian ungkap kantor berita Reuters.

    Dalam pertemuan yang dihadiri 30 pemimpin di Kota Cartegena, Minggu waktu setempat, Obama didesak para koleganya agar segera mencabut sanksi atas Kuba, yang telah berlangsung 50 tahun lebih. Kuba didepak dari Organisasi Negara-negara Amerika (OAS), beberapa tahun setelah kekuatan komunis pimpinan Fidel Castro berkuasa di negara itu pada 1959.

    Selain menerima sanksi ekonomi dari Washington, Kuba pun sejak saat itu dilarang ikut KTT OAS akibat keberatan dari AS. Dalam beberapa tahun terakhir, kian menguat tekanan dari sesama negara Amerika agar AS mencabut sanksi atas Kuba, termasuk membolehkannya kembali ikut pertemuan.

    Bahkan, sekutu-sekutu AS seperti Meksiko dan Kolombia, bergabung dengan para koleganya yang beraliran kiri. Mereka menuntut diakhirinya sanksi dan embargo atas Kuba. "Isolasi dan embargo sudah menjadi tidak efektif," kata Presiden Kolombia, Juam Manuel Santos. "Saya berharap Kuba hadir pada pertemuan berikut tiga tahun mendatang," Santos melanjutkan.

    Sebagai tuan rumah, Santos mengaku KTT OAS kali ini, yang berlangsung dua hari, tidak menghasilkan keputusan yang solid. "Tidak ada deklarasi, karena tidak ada konsensus," kata Santos.

    Obama pun selama KTT berlangsung sempat salah omong. Dia menyebut pulau Malvinas dengan kata "Maldives," suatu negara di Samudera Hindia. Padahal maksud Obama adalah Malvinas, sebutan bagi Argentina atas suatu pulau yang diperebutkan dengan Inggris, yang menyebutnya dengan Falklands. Sempat terjadi perang pada 1982, pulau itu masih menjadi sengketa kedua negara. Beruntung, ketika Obama salah ucap, Presiden Argentina, Christina Fernandez, sudah meninggalkan KTT sebelum pertemuan ditutup.

    Sementara itu, delegasi AS juga terpukul dengan kabar bahwa belasan agen dari dinas pengamanan presiden dan fasilitas AS (Secret Service), kedapatan kencan dengan penjaja seks komersil (PSK) sebelum Obama datang. Mereka adalah bagian dari tim pendahulu (advance) untuk mempersiapkan kunjungan Obama ke Kolombia.

    Pemerintah Kolombia menyatakan bahwa berhubungan dengan PSK atau terlibat kegiatan prostitusi merupakan perbuatan melanggar hukum. Obama pun gusar dengan kabar itu dan memerintahkan penyelidikan sesegera mungkin. Kasus itu mendapat sorotan tajam dari kalangan media massa.

    Agen-agen yang terlibat pun sudah ditarik ke Washington sebelum Obama datang ke Kolombia. [vivanews]


    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • Kebencian Dunia terhadap Israel Meningkat

    Posted: 2012-04-16 06:17:10 UTC+07:00

    TEL AVIV, REPUBLIKA.CO.ID, Koran Haaretz terbitan Israel menyinggung perilaku kasar aparat keamanan Zionis terhadap para aktivis hak asasi manusia seraya memperingatkan bahwa masa depan rezim Zionis semakin suram.

    Haaretz dalam laporannya menyinggung politik Tel Aviv saat ini dengan menegaskan eskalasi kebencian masyarakat dunia terhadap rezim Zionis.

    Koran Israel itu mengawali laporannya dengan baris kalimat "Tidak ada pihak yang berbuat sesuatu untuk hancurnya demokrasi, tidak ada pihak yang mencegah semakin dibencinya Israel."

    Haaretz menyatakan bahwa tidak ada negara di dunia yang seperti Israel. Amerika Serikat memikirkan angka pengangguran dan layanan asuransi warganya untuk dekade mendatang, Eropa memikirkan masalah imigran dan kondisinya di tahun 2022, sementara di Israel, masalah terpenting yang ada dan tidak diperhatikan oleh siapa pun, adalah masalah eksistensi rezim Zionis.

    Berselang 64 tahun sejak berdirinya Israel dan banyak masalah yang terbengkalai seakan rezim Zionis baru dibentuk kemarin dan tidak ada orang yang memberikan jawaban dalam hal ini.

    Tidak ada orang yang tahu bagaimana 10 tahun mendatang untuk Israel. Bahkan banyak pihak yang meragukan berlanjutnya eksistensi Israel hingga 10 tahun mendatang. Masalah ini tidak dialami oleh negara mana pun di dunia kecuali di Israel.

    Penulis artikel tersebut menambahkan bahwa keraguan terhadap prinsip eksistensi Israel hingga 10 mendatang itu berdasarkan pada fakta adanya banyak pertanyaan yang bahkan hingga saat ini tidak ditemukan jawabannya.

    Rezim Zionis Israel tidak memiliki masa depan, mengambang di masa lalu, dan hanya memikirkan saat ini. Sejatinya Israel bak rezim sementara.

    Penulis artikel lebih lanjut menyinggung perilaku buruk aparat keamanan rezim Zionis terhadap para aktivis hak asasi manusia yang hendak berkunjung ke Jerusalem dan mengatakan, "Tidak ada orang yang peduli atas semakin dibencinya Israel di dunia. Hari ini 650 pasukan keamanan Israel berdiri menghadang para aktivis hak asasi manusia yang datang untuk berkunjung ke Jerusalem. Mereka diusir dari bandara Ben Gurion. Tidak ada yang memprotes aksi tersebut dan tidak ada yang berusaha mencegahnya. Bukan hanya media massa dan lembaga hukum, bahkan tidak ada orang yang berbuat sesuatu untuk menghentikan proses ini."

    Sumber: IRIB/IRNA


    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • Diguncang Gempa, Diterjang Banjir

    Posted: 2012-04-16 05:23:59 UTC+07:00

    AGARA - Usai diguncang gempa bumi sebesar 8,5 pada Skala Richter (SR), pada Sabtu (14/4) kemarin, banjir bandang menerjang dua kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh.

    Menurut Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dua wilayah yang diterjang banjir bandang adalah Kecamatan Bambel dan Kecamatan Bukit Tusa, di Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh.

    "Tidak ada korban meninggal dunia dalam bencana itu, hanya lima orang mengalami luka ringan. Selain itu banjir bandang menyebabkan 460 jiwa yang terdiri dari 132 Kepala Keluarga mengungsi," ucapnya, Minggu (15/4/2012).

    BNPB mencatat banjir bandang ini menyebabkan 52 unit rumah rusak berat, 96 unit rumah rusak ringan, 14 unit rumah hanyut hanyut. Selain itu banjir bandang juga menyebabkan kerusakan lahan pertanian coklat seluas 75 hektar, jagung 30 hektar, dan sawah seluas 86 hektar, serta kerusakan lain dibidang pertanian.

    "Saat ini BPBA dan BPBD Kabupaten Aceh Tenggara telah melakukan penyisiran di lokasi dan assessment. BPBD telah nenurunkan alat berat untuk membuka jalan. BPBD beserta dinas sosial telah memberikan bantuan berupa sandang dan pangan, antara lain pakaian, kelambu, sarden, beras, makanan siap saji, selimut, air mineral dan lain-lain," jelasnya.

    Selain itu BPBA dan BPBD Kabupaten Aceh Tenggara telah melakukan rapat koordinasi dengan SKPD setempat untuk mengambil langkah-langkah upaya penanganan darurat secara cepat, tepat dan terpadu.[inilah]


    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • Cucu Sultan Aceh Pinta Zaini-Muzakir Jaga Marwah Aceh

    Posted: 2012-04-15 22:14:53 UTC+07:00
    Tuanku Raja Yusuf Bin Tuanku Raja Ibrahim Bin Sultan Muhammad Daudsyah

    Banda Aceh - Ahli waris keluarga besar Raja Aceh Tuanku Raja Yusuf mengucapkan selamat kepada gubernur Aceh 2012-2017, dr Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf. Menurut anak dari Tuanku Raja Ibrahim bin Sultan Muhammad Daudsyah, jabatan kepala Pemerintah Aceh adalah jabatan amanah yang harus diabdikan untuk kepentingan rakyat dan kemajuan Aceh.

    "Mari kita buktikan bahwa Aceh sebagai bangsa bermarwah dan bermartabat dibawah bimbingan para aulia,” ajak cucu Sultan Muhammad Daudsyah kepada wartawan, Ahad (15/4).

    Tuanku Raja Yusuf mengingatkan agar Zaini-Mualem harus melanjutkan perjuangan memuliakan kembali Aceh sebagaimana yang terjadi ratusan tahun lalu. Tuanku yang baru memenuhi undangan Sultan Pahang Malaysia Sultan Ahmadsyah akhir Maret lalu, menyerukan kepada kandidat bupati, wali kota dan gubernur yang belum terpilih pada pilkada 9 April untuk bersatu membangun nanggroe endatu ini. Menurutnya, membangun Aceh tidak harus menjadi kepala daerah. Karena itu, kandidat yang terpilih diharapkan bisa menjaga komunikasi dengan mereka.

    "Mari kita akhiri kenduri demokrasi dengan salam-salaman memperlihatkan keteladanan kepemimpinan kepada rakyat,” pintanya dalam pernyataan tertulis kepada The Globe Journal, Ahad (15/4).

    Cucu raja Aceh ini mengharapkan dengan kemenangan Zaini di eksekutif dan mayoritas kader Partai Aceh yang mengusung Zaini di legislatif, maka qanun-qanun yang diamanahkan dalam UUPA dan MoU Helsinki, bisa segera dilaksanakan. Dengan demikian, selama lima tahun, bisa disusun dan disahkan qanun yang terutama berhubungan dengan perekonomian masyarakat.

    “Marwah dan martabat Aceh itu akan terus hidup dengan adanya keteladanan sebagaimana pada masa lalu,” ungkap Tuanku Raja Yusuf yang lahir pada tanggal 14 desember 1956.[TGJ]


    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • Takbir Gempa Penjaga Hayat Aceh

    Posted: 2012-04-15 21:33:22 UTC+07:00

    Oleh Ahmad Arif dan Agung Setyahadi

    Sebelum petaka 26 Desember 2004, masyarakat Aceh umumnya belum mengenal istilah tsunami. Mereka tak mengira sehabis gempa, air laut bisa menghantam daratan. Padahal, ratusan tahun silam, cendekiawan Aceh telah menuliskan pesan seputar gempa melalui manuskrip kuno.

    Ketika laut surut sesaat setelah gempa pada Minggu pagi akhir 2004, orang Aceh ramai mencari ikan di pantai. Sebagian lagi menonton tanpa sadar bahwa tsunami mengancam jiwa mereka.

    ”Sebelum 2004 tidak ada pembelajaran mengenai gempa dan tsunami,” kata Hermansyah, filolog muda dari Fakultas Adab, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-Raniry, Banda Aceh. Ketiadaan pengetahuan tentang gempa dan tsunami membuat warga tak bersiaga.

    ”Padahal, Aceh sebenarnya menyimpan banyak naskah tua yang mengabarkan kejadian gempa dan tsunami pada masa lalu,” kata Oman Fathurahman, Ketua Umum Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa). Sayangnya, naskah ini hanya disimpan, tidak diajarkan.

    Pada 2006, Oman menemukan catatan tangan di sampul sebuah manuskrip asal abad ke-19 di Zawiyah Tanoh Abee, Aceh Besar. Catatan dalam bahasa Arab itu menyebutkan, pernah terjadi gempa besar untuk kedua kali pada pagi hari Kamis, 9 Jumadil Akhir 1248 Hijriah atau sekitar 3 November 1832.

    Angka tahun 1248 Hijriah atau 1832 Masehi ini menjadi sangat menarik karena berdasarkan sejumlah catatan penjelajah Barat, gempa dan tsunami pernah melanda pantai barat Sumatera pada 24 November 1883.

    Sebelumnya, pada 2005, Oman juga menemukan naskah takbir gempa yang tersimpan di Perpustakaan Ali Hasjmy, Banda Aceh. Naskah anonim itu dibuat abad ke-18, tiga abad sebelum tsunami melanda Aceh.

    Kolega Oman di Aceh, Hermansyah, juga menemukan Naskah Gempa dan Gerhana Wa-Shahibul dalam kitab Ibrahim Lambunot, koleksi Museum Negeri Aceh. Naskah itu menyebutkan tentang smong yang terjadi pada 1324 H atau 1906 M.

    Smong adalah bahasa Simeulue yang berarti ’naiknya air laut setelah gempa’. Di Pulau Simeulue, pengetahuan tentang smong ini masih lestari dan terbukti menyelamatkan warga saat tsunami 2004.

    Meski ribuan rumah di pulau ini rusak diterjang tsunami, korban tewas ”hanya” tujuh orang. Begitu gempa melanda, warga spontan berteriak smong dan semua berhamburan ke atas bukit. Warga Simeulue mengingat, smong terjadi di pulau mereka pada 1907 atau setahun setelah catatan dalam kitab Ibrahim Lambunot itu.

    Tersebar

    Manuskrip tentang kejadian gempa pada masa lalu ternyata juga ditemukan di sejumlah daerah lain. Di Sumatera Barat, filolog dari Universitas Andalas, Padang, Zuriati, dan timnya menemukan takwil gempa di Surau Lubuk Ipuh, Pariaman dan di Malalo, Tanah Datar. Naskah takwil gempa ini mirip dengan takbir gempa yang ditemukan di Aceh.


    Selain itu, menurut Zuriati, di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta, juga ditemukan naskah Ramalan tentang Gempa. Bahkan, dia juga sempat melacak naskah sejenis yang tersimpan dalam The Delf Collection, Belanda. Naskah ini berjudul Kitab Ta’bir dan mengandung beberapa teks, meliputi takbir mimpi, takbir kusyuf alkamar wa asy-syams (gerhana bulan dan matahari), dan takbir lindu (gempa bumi). Dua naskah yang mirip ditemukan di Collections Cornets de Groot and Rijks-Instelling, Leiden, Belanda.

    Di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta, juga ditemukan tiga naskah kuno tentang gempa. ”Kami telah menginventarisasi sedikitnya delapan naskah sejenis takwil gempa ini,” kata Zuriati. Kelihatannya, minat masyarakat masa lalu terhadap teks takwil gempa cukup besar. Setidaknya, hal itu ditunjukkan oleh sebarannya di berbagai koleksi dan adanya penyalinan berulang.

    Dengan mempelajari takwil gempa, Oman berkesimpulan bahwa masyarakat Nusantara di masa lalu telah berupaya menafsirkan gempa. ”Setiap gempa yang terjadi sebetulnya membawa pesan tertentu, entah itu pesan menggembirakan atau sebaliknya,” katanya.

    Kitab itu merupakan catatan dokumentasi dan ramalan, sekaligus kearifan masyarakat tradisional dalam membaca fenomena alam. Kemampuan itu mungkin juga bersifat empiris, rangkuman dari pengalaman kejadian gempa di masa lalu.

    Syukurlah, dalam gempa pada 11 April lalu tidak ada tsunami dan korban berjatuhan akibat gempa berkekuatan 8,5 skala Richter itu. Namun, Oman teringat dengan pemilihan umum kepala daerah di Aceh yang baru saja berlangsung dan diwarnai kekerasan. Ia berharap gempa ini menyadarkan semua pihak untuk menjaga perdamaian.

    Jika gempa dan tsunami 2004 menghentikan 30 tahun perang, gempa 2012 semoga melanggengkan perdamaian. | sumber: Kompas.com


    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • Hasan Tiro “Ganteng” Karena Sejarahnya

    Posted: 2012-04-15 21:18:01 UTC+07:00



    Oleh Mariska Lubis (*

    Tepat seperti yang sudah saya duga, almarhum Hasan Tiro yang luar biasa gantengnya itu, pasti menjadi ganteng karena sejarah dan menulis. Tidak mungkin beliau dapat menjadi seorang Aceh sejati, sangat mencintai Aceh, dan setia pada perjuangannya untuk Aceh bila beliau tidak mengenal Aceh dengan baik lewat sejarah yang dipelajarinya. Tidak mungkin juga beliau dapat bertahan sekian lama dan memiliki pemikiran yang sangat jenius dan luar biasa, bila beliau tidak selalu mengasah pikirannya lewat menulis.

    Senang sekali hati ini mendapat kesempatan bertemu dengan Bapak Dr. Zaini Abdullah untuk mendengarkan banyak kisah dan cerita serta pelajaran berharga. Saya dan Gen-K ingin bertemu dengan beliau, selain untuk silaturahmi, juga sekaligus ingin mendengarkan langsung dari seorang pejuang Aceh yang sangat dihormati, tentang apa dan siapa Aceh, GAM, dan Hasan Tiro. Tentunya tidak sembarang orang mampu untuk menjawabnya dengan benar karena terlalu banyak pembenaran di luar sana sehingga sulit membedakan mana yang sebenarnya.

    Saya sangat menyesal sekali karena tak dapat berbahasa Aceh padahal, Dr. Zaini sangat dengan bahasa Aceh. Saya yakin, meski tak mengerti bahasa Aceh, namun dari caranya bertutur dalam bahasa Indonesia, bahasa Aceh yang digunakannya berkelas diplomat. Tidak pernah sekalipun beliau tidak mampu memberikan jawaban dan selalu positif. Selalu mampu menempatkan dirinya dengan baik, menggunakan intonasi yang lembut, dan kata-kata yang digunakan pun ditata dengan sebaik mungkin. Bagi saya, itu saja sudah menunjukkan "kelasnya" tersendiri.

    Meskipun banyak yang menilai bahwa para pejuang Aceh yang sekarang berada di Partai Aceh sangatlah tertutup, namun bagi saya itu menjadi sebuah kelebihan tersendiri. Ekslusifitas kaum elite memang seharusnya tidak sembarangan bicara. Segala sesuatunya harus sesuai dengan posisi, waktu, dan tempatnya. Jika obral sana obral sini, meskipun tampaknya lebih dekat dengan masyarakat, namun kecenderungannya lebih kepada eksistensi dan pengakuan, bahkan pembodohan. Toh, mereka yang benar tak perlu harus menjdi difensif dan ofensif dengan membuat pembenaran-pembenaran agar dipercaya dan diakui.

    Mereka yang menjunjung tinggi kebenaran dan yakin pada kebenaran pasti akan membela mereka yang benar. Lain lagi kalau urusan "peng", itu, sih tergantung ke mana angin membawa banyak uang untuk kantong pribadi. Olah-olah kecil, sedang, dan besar untuk urusan seperti ini, biasa terjadi. Maklum, banyak yang merasa dan mengaku ekslusif dan elite namun sesungguhnya tak ada apa-apanya, sehingga nyaringlah bunyinya, ya?!

    Di sisi lain, saya sangat menganjurkan agar ke depannya, Partai Aceh dan para pejuang Aceh serta semua yang benar-benar Aceh sejati, hendaknya lebih membuka diri untuk urusan arsip dan sejarah. Adalah hak dan kewajiban bagi generasi muda Aceh untuk mengetahui yang sebenar-benarnya tentang Aceh, para pahlawannya, dan para pejuangnya dari semua bidang yang membuat Aceh berhasil dan berjaya. Sudah terlalu lama semua ini ditutupi dan diputar balik, sehingga Aceh seperti sudah tidak mengenal dirinya sendiri. Sudah terlalu banyak yang merasa lebih bangga dengan menjadi yang lain, tidak memiliki rasa hormat dan harga diri, sangat mudah goyah dan terus saling menjatuhkan karena tidak memiliki jati diri yang kuat, dan bahkan sama sekali tidak memiliki hati dan cinta untuk Aceh-nya sendiri.

    Banyak alasan bisa dibuat untuk dijadikan alasan, apalagi bila terus membandingkannya dengan bangsa dan negara lain, tetapi siapakah yang telah membuat semua ini bisa terjadi? Bila pun memang terjadi pembodohan dan pemutarbalikkan fakta dan sejarah, kenapa sampai ada orang Aceh sendiri yang tega melakukannya?! Tidak mungkin nasional ataupun asing mampu melakukannya bila tidak memiliki kaki tangan yang kuat di Aceh sendiri. Untung saya bukan orang Aceh, saya bisa lebih keras dalam bersikap terhadap para penghianat ini. Lebih baik hilang satu dan sekelompok daripada lebih dari empat juta masyarakat Aceh menjadi korban. Siapapun yang melakukannya, sama sekali tidak patut untuk dihormati, perbuatannya pun sudah sangat tidak terhormat, kok! Jahat!!!

    Jika tidak dilakukan pembenahan sesegera mungkin, maka sulit bagi Aceh untuk dapat kembali berjaya. Sudah terlalu lama Aceh "hilang" dan kapan lagi mau bangkit?! Masa yang lalu biarlah berlalu namun hendaknya tidak pernah dilupakan begitu saja. Jadikan pelajaran berharga dan fokuslah dengan masa yang akan datang. Prioritas tetap utama, kebenaran adalah mutlak, dan idealisme haruslah dipegang teguh dan tanpa kompromi. Perjuangan Hasan Tiro sendiri pun karena melawan dusta dan kebohongan, kebenaranlah yang menjadi keyakinan dan pegangannya, sehingga idealismenya pun tak akan pernah goyah sedikit pun. Begitulah yang saya tangkap tentang perjuangan seorang Hasan Tiro dari yang diceritakan oleh Dr. Zaini Abdullah. Keren banget, ya!

    Tentunya semua disesuaikan dengan posisi, waktu, dan tempat serta keadaan sekarang ini. Sekarang, kan, Aceh sudah damai, maka tentunya itu dulu yang diutamakan. Perang terus juga tidak akan berbuah apa-apa selain dendam, duka, dan derita. Sebuah bangsa yang dipenuhi dengan damai adalah bangsa yang merdeka. Bahagia itupun akan senantiasa membuahkan keindahan yang abadi.

    Arsip, sejarah, dan menulis tentang apa yang benar akan membantu mempercepat perbaikan keadaan. Seperti yang disampaikan juga oleh Dr. Zaini, bahwa ketekunan Almarhum Hasan Tiro di dalam mengumpulkan arsip serta dokumentasi sejarah Aceh, dan kerja kerasnya di dalam berpikir dan menulis, membuat beliau menjadi pribadi yang sangat hebat. Boleh saya katakan, pemikiran Hasan Tiro adalah salah satu yang terbaik di Indonesia dan di dunia. Oleh karena itulah, saya jatuh cinta pada beliau.

    Dari kesimpulan setelah mempelajari Aceh sejak tahun 1993, yang seringkali saya uraikan dalam tulisan, saya berani mengatakan bahwa bukan perjuangan fisik dan materilah yang telah memenangkan Aceh, namun kehebatan pemikiran yang menghasilkan strategi dan juga hasil-hasil karya ilmiah dari berbagai bidang. Mudah sekali untuk menghancurkan fisik dan materi, tetapi hati dan pemikiran yang penuh dengan keyakinan tidak akan pernah bisa dihancurkan begitu saja. Jadi, jangan sombonglah mengaku hebat meski berkuasa dan memiliki jabatan serta uang banyak, bila tidak mampu juga membuktikannya lewat pemikiran dan sikap ke-Acehan yang sejatinya. Malulah pada Wali Nanggroe kalian, wahai Aceh!!!

    Bayangkan, beliau dulu harus rela meninggalkan semua materi dan bahkan istri serta anaknya hanya untuk memperjuangkan apa yang diyakini sebagai sebuah kebenaran. Beliau juga terus berpikir lewat menulis meski dalam kegelapan dan hanya menggunakan lampu minyak atau lilin hanya untuk dapat terus membela Aceh. Beliau harus keluar masuk hutan dan makan ala kadarnya karena kesetiaan dan dedikasinya terhadap Aceh.

    Masa sekarang, saat teknologi sudah modern, laptop, internet, ipad, dan bb di mana-mana, hanya sibuk dipakai untuk chat dan pacaran saja?! Listrik meski sering mati tapi masih banyak penerangan yang lebih canggih dari lampu minyak, kan?! Makan pun tidak sesulit di hutan, sekolah dan belajar bisa di mana-mana, bahkan sudah sangat tinggi-tinggi, tapi mana hasilnya?! Biarpun ada, apa sebanding dengan pengorbanan yang dilakukan oleh Hasan Tiro?! Duh, saya sendiri harus mengakui, saya malu betul!!!

    Sekali lagi, saya bukan orang Aceh tapi saya ingin sekali melihat Aceh ini berjaya kembali. Disadari tidak disadari, diakui tidak diakui, pengatuh Aceh pada Indonesia sangat besar sekali. Aceh adalah contoh dari bagaimana Indonesia secara umum. Apa yang terjadi di Aceh selalu saja merembet ke daerah yang lainnya dengan disesuaikan pada kondisi masing-masing tentunya. Sehingga, bila ada yang bertanya, apa kepentingan saya atas Aceh ini?! Saya tidak memiliki kepentingan apapun selain saya ingin melihat seluruh masyarakat Indonesia memiliki jati diri sepenuhnya dan tiada lagi harus ada dusta yang membodohi. Biar bagaimanapun juga, the truth is the truth and nothing but the truth.

    Jika memang ingin Aceh seganteng Hasan Tiro, maka belajarlah untuk menghargai, menghormati, dan mempelajari sejarah dengan baik. Menulislah karena tidak ada seorang pun di dunia ini yang memiliki pemikiran hebat, yang tak mampu untuk menulis dengan baik dan benar sepenuh hati dan jiwa untuk kemuliaan dan kehormatan semua sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Ingatlah selalu, fisik dan materi bukanlah yang utama meski diperlukan bila memang ingin menjadi terhormat tetapi hati dan jiwa yang penuh dengan cinta dan ketulusan.

    *) Penulis buku "Ayahku Inspirasiku", atjehpost.com


    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • IDM 6.11 Full Crack (12 April 2012)

    Posted: 2012-04-15 23:46:14 UTC+07:00

    Password Unlock : www.atjehcyber.net

    Cara Instal :
    1. Instal "idman611b.exe" 
    2. Buka folder "Patch" → Open "Patch.exe" 
    3. Klik "Pacth" → Pilih "Computer" → Local Disk (C:) → Program File → Folder "Internet Download Manager" 
    4. Pilih "IDman" 
    5. **** Congratulations ****

    ***Bermasalah, Komentar dibawah***

    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • Memalukan, KFC Thailand Manfaatkan Gempa Aceh Untuk Promosi

    Posted: 2012-04-14 22:37:10 UTC+07:00
    Masyarakat harus cepat-cepat pulang ke rumah sore ini untuk memantau situasi pasca gempa di rumah, dan jangan lupa untuk memesan menu KFC, yang akan diantarkan langsung ke tangan anda”.

    Bangkok - Peristiwa gempa Rabu (11/04) lalu menyisakan kisah memalukan dari Thailand. Sebuah gerai fast food rupanya menanggapi kejadian itu secara tak serius. Mereka malah memposting kalimat yang tak pantas dalam akun Facebooknya.

    Pada Rabu (11/04) terjadi gempa sebesar 8,9 SR di Simeulue Aceh. Karena besarnya gempa, guncanganpun terasa hingga daerah lain di Sumatera, bahkan negara lain seperti Thailand. Hal tersebutpun membuat masyarakat panik peristiwa gempa tahun 2004 akan berulang kembali.

    Menanggapi kejadian tersebut, KFC Thailand memposting sebuah kalimat di akun Facebooknya. “Masyarakat harus cepat-cepat pulang ke rumah sore ini untuk memantau situasi pasca gempa di rumah, dan jangan lupa untuk memesan menu KFC, yang akan diantarkan langsung ke tangan anda”.

    Pernyataan ini sungguh menyakitkan bagi warga pesisir pantai di Thailand. Ketika mereka berusaha pergi ke tempat yang lebih tinggi untuk menghindari ancaman tsunami, KFC dalam fan page nya malah meminta mereka untuk menggunakan layanan pesan antar KFC.

    Karena menimbulkan kontroversi, pihak KFC pun buru-buru menghapus postingan tersebut. Berbagai protes dilakukan oleh warga Thailand yang merasa tersinggung. Menurut mereka, bencana alam bukanlah hal yang pantas untuk dimanfaatkan jadi ajang berpromosi.

    Karena dianggap tidak memiliki rasa simpati dan tanggung jawab, warga Thailand yang protespun meminta KFC untuk memecat si penulis kalimat tersebut.

    Karena mendapat begitu banyak protes, KFC Thailand pun meminta maaf. Permintaan maaf itu mereka sampaikan dalam akun Facebooknya. Di sana tertulis “Tim KFC Thailand fanpage meminta maaf untuk postingan yang tak pantas dan berkaitan dengan bencana”.

    Gempa dahsyat di Aceh pada Rabu lalu langsung mengingatkan masyarakat akan gempa yang terjadi di Aceh tahun 2004. Pada musibah tersebut, lebih dari 200.000 orang tewas, termasuk di antaranya 5.400 warga Thailand. Tulisan KFC Thailand yang memanfaatkan gempa untuk meningkatkan penjualan merekapun tentu saja tak pantas dan melukai hati para korban yang ditinggalkan. (detik)


    Like & Tweet :


    Join & Follow :
  • Inilah 10 Gempa Terbesar Sepanjang Sejarah Indonesia

    Posted: 2012-04-14 22:10:41 UTC+07:00

    Jakarta - Tak bisa dipungkiri, bahwa Indonesia merupakan salah satu wilayah di Bumi yang paling sering mengalami gempa.

    Berikut daftar 10 gempa terbesar di Indonesia, yang terjadi mulai dari wilayah Papua hingga Aceh, yang dirangkum dari berbagai sumber, dengan urutan mundur. Simak.

    10. Gempa bumi di Papua tahun 2009 berkekuatan 7,6 SR
    Gempa bumi di Papua 2009 memiliki kekuatan 7,6 pada Skala Ricther. Gempa bumi pada tanggal 4 Januari 2009 tersebut telah menewaskan empat orang dan melukai puluhan orang.

    09. Gempa bumi di Sumatera tahun 2009 berkekuatan 7,6 SR
    Gempa bumi Sumatera Barat 2009 ini terjadi pada 30 September 2009. Gempa ini terjadi di lepas pantai Sumatera, sekitar 50 km barat laut Kota Padang. Gempa menyebabkan kerusakan parah di beberapa wilayah di Sumatera Barat seperti Kabupaten Padang Pariaman, Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Pariaman, Kota Bukittinggi, Kota Padangpanjang, Kabupaten Agam, Kota Solok, dan Kabupaten Pasaman Barat. Menurut data Satkorlak PB, sekira 1.117 orang tewas akibat gempa ini.

    08. Gempa bumi Jawa tahun 2006 berkekuatan 7,7 SR
    Gempa bumi Jawa Juli 2006 ialah gempa bumi berkekuatan 7.7 versi bmkg pada skala Richter di lepas pantai Jawa Barat, Indonesia. Terjadi pada 17 Juli 2006. Gempa bumi ini menyebabkan tsunami setinggi 2 meter yang menghancurkan rumah di pesisir selatan Jawa, membunuh setidaknya 659 jiwa.

    07. Gempa bumi Bengkulu tahun 2007 berkekuatan 7,9 SR
    Gempa Bumi Bengkulu 2007 memiliki kekuatan 8.4 Mw atau 7.9 SR, terjadi pada tanggal 12 September 2007. Pusat gempa terletak kira-kira 10 km di bawah tanah, sekitar 105 km lepas pantai Sumatra, atau sekitar 600 km dari ibukota Jakarta.

    06. Gempa bumi Sumatera tahun 1797 berkekuatan 8,4 SR
    Gempa bumi Sumatera 1797 adalah yang pertama dalam serangkaian gempa bumi besar yang pecah bagian dari segmen Sumatra dari megathrust Sunda. Hal ini menyebabkan tsunami yang sangat merusak di dekat Padang, di mana sebuah kapal Inggris 150-200 ton didorong 1 Km hingga ke pedalaman sungai Arau.

    05. Gempa bumi Sumatera 1861 berkekuatan 8,5 SR
    Gempa bumi Sumatra 1861 terjadi pada tanggal 16 Februari 1861. Itu adalah yang terakhir dalam urutan gempa bumi yang berdekatan pecah bagian dari segmen Sumatra dari megathrust Sunda. Hal ini menyebabkan bencana tsunami yang menyebabkan beberapa ribu kematian. Gempa dirasakan sejauh semenanjung Malaysia dan bagian timur Jawa.

    04. Gempa Laut Banda tahun 1938 berkekuatan 8,5 SR
    Gempa bumi Laut Banda 1938 terjadi di wilayah Laut Banda pada tanggal 1 Februari 1938, dan merupakan gempa bumi terbesar ke-9 pada abad ke-20. Kekuatan gempa bumi ini adalah 8.5 Skala Richter, dan menyebabkan tsunami setinggi 1.5 meter, tetapi tidak ada korban jiwa.

    03. Gempa bumi Sumatera tahun 2005 berkekuatan 8,7 SR
    Gempa bumi Sumatera 2005 terjadi pada 28 Maret 2005. Pusat gempanya berada di 30 km di bawah permukaan Samudra Hindia. Getarannya terasa hingga Bangkok, Thailand, sekitar 1.000 km jauhnya.Dengan kekuatan sebesar 8,7 SR, gempa ini merupakan gempa bumi terbesar kedua di dunia sejak tahun 1964.

    02. Gempa bumi Sumatera tahun 1833 berkekuatan 8,8 sampai 9,2 SR
    Gempa bumi Sumatra 1833 terjadi pada tanggal 25 November 1833, sekitar pukul 22:00 waktu setempat, dengan kekuatan gempa diperkirakan dalam kisaran SR = 8,8-9,2. Hal ini menyebabkan tsunami besar yang membanjiri pantai barat daya pulau. Tidak ada catatan yang dapat diandalkan menenai korban jiwa, dengan korban yang digambarkan hanya sebagai 'banyak'.

    01. Gempa bumi Samudera Hindia tahun 2004, berkekuatan 9,1 sampai 9,3 SR
    Kekuatan gempa ini awalnya dilaporkan mencapai 9.0 SR. Pada Februari 2005 dilaporkan gempa berkekuatan 9.3 SR. Pada tanggal 26 Desember 2004, terjadi gempa bumi dahsyat di Samudra Hindia, lepas pantai barat Aceh. Gempa ini berkekuatan 9,3 menurut skala Richter dan dengan ini merupakan gempa bumi terdahsyat dalam kurun waktu 40 tahun terakhir ini yang menghantam Aceh. 230.000 orang tewas di 8 negara. Ombak tsunami setinggi 30 meter. Bencana ini merupakan kematian terbesar sepanjang sejarah. Indonesia, Sri Langka, India, dan Thailand juga merupakan negara dengan jumlah kematian terbesar.

    Sumber: Inilah.com

    Like & Tweet :


    Join & Follow :


Tidak ada komentar: