Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan /
waktu : Pertama / 2 x 35 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
A.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasikan
sifat-sifat operasi hitung
B.
Indikator
o
Melakukan operasi
hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran
o
Menentukan hasil perkalian dengan bilangan 0 dan 1
o
Menentukan hasil
pembagian dengan bilangan 0 dan 1
C.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat melakukan operasi perkalian dengan bilangan 0 dan 1
D.
Materi Pokok
Mengidentifikasi Sifat-Sifat Operasi
Hitung
E.
Media Belajar
o
Buku matematika M
Khafid Erlangga kelas IVA
F.
Metode
Pembelajaran : ceramah,
demontrasi dan pemberian tugas
G.
Langkah –
langkah pembelajaran
1.
Pendahuluan
o
Menyampaikan
Indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
2.
Kegiatan Inti
o
Memahami peta
konsep tentang sifat-sifat operasi hitung.
o
Memahami sifat
operasi komutatif
a + b = b +
a
3 + 5 = 5 +
3
8
= 8
o
Melakukan tugas 1
Hlm. 2
o
Melakukan tugas 2
Hlm. 3
o
Mengerjakan latihan
1 Hlm.3
o
Mengerjakan latihan
2 Hlm.3
o
Memahami sifat
operasi asosiatif
o
|
(55 menit)
|
3.
Penutup
o
Mengulang kembali sifat
operasi komutatif dan asosiatif
|
(10 menit)
|
4.
Pekerjaan Rumah
o
|
|
H. Penilaian :
Lisan dan tulisan
I. Produk siswa :
Mengetahui Banda
Aceh,
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajran
Drs. Aiyub Mubarik,
A.Ma
Nip. 196804141999051001 Nip.
198502012009011005
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas :
IV
Materi Pokok :
Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan /
waktu : Kedua
/ 2 x 35 menit
A.
Kompetensi Dasar
1.1
Mengidentifikasikan
sifat-sifat operasi hitung
B.
Indikator
o
Melakukan operasi
hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran
o
Menentukan hasil perkalian dengan bilangan 0 dan 1
o
Menentukan hasil
pembagian dengan bilangan 0 dan 1
C.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat melakukan operasi hitung dengan ifat pertukaran,
pengelompokan dan penyebaran.
D.
Materi Essensial
Mengidentifikasi Sifat-Sifat Operasi
Hitung
–lanjutan–
E.
Media Belajar
o
Buku matematika M
Khafid Erlangga kelas IVA
F.
Metode belajar : Ceramah,diskui dan Tanya jawab
G.
Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa
- Pendahuluan
o
Mengumpulkan
pekerjaan rumah
o
Mengulang materi
pertemuan sebelumnya
|
(5 menit)
|
- Kegiatan Inti
o
Menagih tugas
pertemuan sebelumnya
o
Melakukan tugas 3
dan mengerjakan latihan 3 Hlm.4
o
Memahami sifat
operasi distributif
o
Mengerjakan latihan
4 Hlm.5
o
Mempelajari contoh
soal dan latihan 5 Hlm.6
|
(60 menit)
|
- Penutup
o
Memberikan
kesempatan kepada satu orang siswa untuk menegerjakan soal
|
(5 menit)
|
- Pekerjaan Rumah
o
|
|
H. Penilaian :
Lisan dan tulisan
I. Produk siswa :
Mengetahui Banda
Aceh,
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajran
Drs. Aiyub Mubarik,
A.Ma
Nip. 196804141999051001 Nip.
198502012009011005
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas :
IV
Materi Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan /
waktu : Ketiga / 2 x 35
menit
A.
Kompetensi Dasar
1.1
Mengidentifikasikan
sifat-sifat operasi hitung
B.
Indikator
o
Melakukan operasi
hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran
o
Menentukan hasil perkalian dengan bilangan 0 dan 1
o
Menentukan hasil
pembagian dengan bilangan 0 dan 1
C.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat menentukan hasil perkalian dengan bilangan 0 dan 1
D.
Materi Essensial
Mengidentifikasi Sifat-Sifat Operasi
Hitung
–lanjutan–
E.
Media Belajar
o
Buku MATEMATIKA SD
Haryanto Erlangga Kelas IV
- Metode pembelajaran :ceramah, lisan dan tulisan
G.
Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa
- Pendahuluan
o
Mengulang materi
pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
|
(5 menit)
|
- Kegiatan Inti
o
Menjumlahkan sifat
penjumlahan nol (0)
7 + 0 = 7
o
Menghitung sifat
perkalian dengan bilangan nol (0)
7 x 0 = 0
o
Menghitung sifat
perkalian dengan bilangan nol (1)
7 x 1 = 7
o
Menghitung sifat
bilangan satu dalam pembagian
7 : 1 = 7
o
Menghitung sifat
pembagaian yang lainnya
|
(50 menit)
|
- Penutup
o
Memberikan
kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk menjawab soal
|
(5 menit)
|
- Pekerjaan Rumah
o
|
|
- Penilaian :
Lisan dan tulisan
- Produk siswa :
Mengetahui Banda
Aceh,
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Aiyub Mubarik,
A.Ma
Nip. 196804141999051001 Nip.
198502012009011005
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas :
IV
Materi Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan /
waktu : Pertama / 2 x 35
menit
A.
Kompetensi Dasar
1.2
Mengurutkan bilangan
B.
Indikator
o
Membaca dan menuliskan
lambang bilangan serta menuliskan nama bilangan
o
Menulis lambang
bilangan sesuai dengan nilai tempatnya
o
Mengurutkan bilangan
dengan pola teratur dan tidak teratur
C.
Tujuan
pembelajaran
Siswa Membaca
dan menuliskan lambang bilangan serta menuliskan nama bilangan
D.
Materi Essensial
Mengurutkan bilangan
o
Mengenal bilangan
1.001 sampai dengan 50.000
o
Mengenal bilangan
lebih dari 50.000
E.
Media Belajar
o
Buku matematika M
Khafid Erlangga kelas IVA
F.
Metode
pembelajaran : Ceramah dan
mengerjakan soal
G.
Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa
1.
Pendahuluan
o
Menyampaikan
Indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
2.
Kegiatan Inti
o
Membaca lambang
bilangan 1.001 sampai dengan 50.000
o
Mengerjakan latihan
1 Hlm.11
o
Mempelajari contoh
soal menuliskan nama bilangan
o
Mengerjakan latihan
2. Hlm.12
o
Mempelajari contoh
soal menuliskan lambang bilangan
o
Mengerjakan latihan
3. Hlm.12
o
Mempelajari contoh
dan mengerjakan latihan 4 dan 5. Hlm. 13
o
mengerjakan latihan
6. Hlm. 14
|
(50 menit)
|
3.
Penutup
o
Mengulang kembali materi
membaca dan menuliskan lambang 1.001 sampai dengan 50.000
|
(5 menit)
|
4.
Pekerjaan Rumah
o
o
|
|
Mengetahui Banda
Aceh,
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Aiyub Mubarik,
A.Ma
Nip. 196804141999051001 Nip.
198502012009011005
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas :
Kelas
Materi Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan /
waktu : Kedua / 2 x 35
menit
A.
Kompetensi Dasar
1.2
Mengurutkan bilangan
B.
Indikator
o
Membaca dan
menuliskan lambang bilangan serta menuliskan nama bilangan
o
Menulis lambang
bilangan sesuai dengan nilai tempatnya
o
Mengurutkan bilangan
dengan pola teratur dan tidak teratur
C.
Tujuan
Pembelajan
Siswa dapat menuliskan lambang bilangan sesui dengan nilaitempat
D.
Materi Essensial
Mengurutkan bilangan
o
Menentukan nilai
tempat
E.
Media Belajar
o
Buku matematika M
Khafid Erlangga kelas IVA
F.
Metode
pembelajarn : ceramah, diskusi
dan Tanya jawab
G.
Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa
- Pendahuluan
o
Mengumpulkan
pekerjaan rumah
o
Mengulang materi pertemuan
sebelumnya
|
(5 menit)
|
- Kegiatan Inti
o
Mempelajari nilai
tempat dari :
-
satuan,
-
puluhan,
-
ratusan ribuan,
-
puluh ribuan,
-
ratus ribuan
o
mempelajari contoh
dan mengerjakan latihan 7 Hlm.16
o
mengerjakan latihan
8 Hlm.17
o
mengerjakan latihan
9 Hlm.17
|
(50 menit)
|
- Penutup
o
Memberikan
kesempatan kepada satu orang siswa untuk mengerjakan soal
o
Memberikan motivasi
untuk mengerjakan soal di rumah kembali
|
(5 menit)
|
- Pekerjaan Rumah
o
o
|
|
Mengetahui Banda
Aceh,
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Aiyub Mubarik,
A.Ma
Nip. 196804141999051001 Nip.
198502012009011005
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas :
IV
Materi Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan /
waktu : Ketiga / 2 x 35menit
A.
Kompetensi Dasar
1.2
Mengurutkan bilangan
B.
Indikator
o
Membaca dan
menuliskan lambang bilangan serta menuliskan nama bilangan
o
Menulis lambang
bilangan sesuai dengan nilai tempatnya
o
Mengurutkan bilangan
dengan pola teratur dan tidak teratur
C.
Tujuan
pembelajaran
Siswa dapat menentukan nilai tempat dan menuliskan nama bilangan
D.
Materi Essensial
Mengurutkan bilangan
o
Menentukan nilai
tempat
E.
Media Belajar
o
Buku matematika M
Khafid Erlangga kelas IVA
F.
Metode
Pembelajaran : Ceramah, diskusi
dan Tanya jawab
G.
Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa
- Pendahuluan
o
Mengulang materi
pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
|
(5 menit)
|
- Kegiatan Inti
o
Mempelajari contoh
menuliskan lambang bilangan sesuai dengan nilai tempatnya Hlm. 18
200.000 +
10.000 + 2.000 + 300 + 40 + 5 = 212.345
Atau
200.000 10.000
2.000
300
40
5
|
+
|
212.245
|
|
o
Mengerjakan latihan
10. Hlm. 18
o
Mengerjakan latihan
11. Hlm. 18
o
Melakukan permainan
menyusun lambang bilangan
|
(50 menit)
|
- Penutup
o
Memberikan
kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk menjawab soal
|
(5 menit)
|
- Pekerjaan Rumah
o
o
|
|
Mengetahui Banda
Aceh,
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Aiyub Mubarik,
A.Ma
Nip. 196804141999051001 Nip.
198502012009011005
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Operasi
Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu : Keempat / 2 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
A.
Kompetensi Dasar
1.2
Mengurutkan bilangan
B.
Indikator
o
Membaca dan
menuliskan lambang bilangan serta menuliskan nama bilangan
o
Menulis lambang
bilangan sesuai dengan nilai tempatnya
o
Mengurutkan bilangan
dengan pola teratur dan tidak teratur
- Materi Essensial
Mengurutkan bilangan
o
Membandingkan dua
bilangan yang melibatkan nilai tempat
o
Mengurutkan bilangan
dari terkecil atau terbesar
o
Pemecahan masalah
sehari-hari
- Media Belajar
o
Buku matematika M
Khafid Erlangga kelas IVA
- Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
- Pendahuluan
o
Mengulang materi
pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
|
(5 menit)
|
- Kegiatan Inti
o
Mempelajari contoh
soal Hlm. 21
o
Mempelajari contoh
soal Hlm. 22
o
Mengerjakan latihan
12. Hlm. 22
o
Mengerjakan latihan
13. Hlm. 23
o
Mempelajari urutan
bilangan dari terkecil dan terbesar
o
Mengerjakan latihan
14. Hlm. 23
o
Mengerjakan latihan
15 Hlm. 24
|
(50 menit)
|
- Penutup
o
Memberikan kesimpuilan
bahwa untuk membandingkan dua bilangan dapat dilakukan dengan cara
membandingkan angka-angka urut dari nilai tempat terbesar
|
(5 menit)
|
- Pekerjaan Rumah
o
Mengerjakan latihan
16 Hlm. 24
|
|
Mengetahui Banda
Aceh,
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Aiyub Mubarik,
A.Ma
Nip. 196804141999051001 Nip.
198502012009011005
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Operasi
Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu : Kelima / 2 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
A.
Kompetensi Dasar
1.2
Mengurutkan bilangan
B.
Indikator
o
Membaca dan
menuliskan lambang bilangan serta menuliskan nama bilangan
o
Menulis lambang
bilangan sesuai dengan nilai tempatnya
o
Mengurutkan bilangan
dengan pola teratur dan tidak teratur
C.
Materi Essensial
Mengurutkan bilangan
o
Mengurutkan bilangan
dari terkecil atau terbesar
o
Pemecahan masalah
sehari-hari
D.
Media Belajar
o
Buku matematika M
Khafid Erlangga kelas IVA
E.
Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa
- Pendahuluan
o
Mengulang materi
pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
|
(5 menit)
|
- Kegiatan Inti
o
Mengurutkan
bilangan yang tidak berpola dan berpola
o
Mengerjakan latihan
17. Hlm. 25
o
Mengerjakan latihan
18. Hlm. 26
o
Mempelajari contoh
soal Hlm.26
o
Mengerjakn latihan
19. Hlm.27
|
(50 menit)
|
- Penutup
o
Memberikan
kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk menjawab soal
|
(5 menit)
|
- Pekerjaan Rumah
o
Mengerjakan soal
tantangan Hlm.28
|
|
Mengetahui Banda
Aceh,
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Aiyub Mubarik,
A.Ma
Nip. 196804141999051001 Nip.
198502012009011005
1 comments:
Tinggalkan Jejak Anda di Bawah ini!!!
Kalau ada Artikelnya yang kurang jelas, tuliskan komentar anda dibawah ini!!! Tapi yang sopan yah demi menjaga kenyamanan bersama, Anda Sopan Kami Segan!!! untuk komentar SPAM akan saya hapus!!!